Foto Spot Mancing Mania di Cilacap Nusakambangan dan Kampung Laut

15 Apr

Cilacap merupakan Kabupaten terluas di Provinsi Jawa Tengah, terletak di pesisir selatan paling barat dan berbatasan dengan Pangandaran Provinsi Jawa barat. Pantai Cilacap dari timur yaitu Pantai Cemara Sewu yang berbatasan dengan pantai Ayah Kebumen, memanjang ke barat sampai Segara anakan yang berbatasan dengan Pangandaran. Selain itu terdapat Pulau Nusakambangan yang memanjang ke barat dengan panjang sekitar 30 km. Pantai bagian utara Pulau Nusakambangan berhadapan dengan pantai pantai Cilacap sehinga perairannya tenang. Sedangkan pantai bagian selatan berhadapan langsung dengan laut lepas samudera Indonesia yang ombaknya besar.

Kabupaten Cilacap terdiri dari 24 kecamatan, tiga kecamatan diantaranya masuk wilayah kota Cilacap, yaitu Cilacap Selatan, Cilacap Tengah dan Cilacap Utara. Wilayah kota di kelilingi oleh laut baik timur, selatan maupun barat. Pantai bagian timur merupakan pantai laut lepas sehinga ombanya cukup besar, pantai bagian selatan berhadapan dengan pulau nusakambangan yang airnya cukup tenang, sedangkan pantai bagian barat merupakan perairan yang airnya sangat tenang karena terdapat daratan yang di pisahkan oleh selat.

Cilacap merupakan daerah perairan yang sangat banyak tempat untuk memancing, mulai dari kolam pemancingan, sungai, perairan pantai sampai pantai lepas. Foto foto di bawah ini adalah sebagian kecil spot tempat pemancingan yang sempat penulis jepret dengan kamera. Masih banyak tempat tempat lain yang lebih menarik dan menantang untuk mancing mania

Kolam Pemancingan / Bayar

Foto di bawah ini merupakan salah satu kolam pemancingan di Jalan Tawes, biasanya ikannya patin, mujaer, gurameh, dan bawal, namun kadang ada ikan lainnya misalkan gabus, kating dll. Dicilacap banyak tempat pemancingan yang tersebar di Keluarahan Tritih Kulon, Menganti, Mertasinga. Adalagi  di wilayah Cilacap barat, dari Kawunganten sampai Wanareja.

jl.Tawes

Rawa Bendungan

Tempat ini merupakan semacam bendungan mulai dari jalan rawa bendungan memanjang ke Timur sampai desa Kuripan, selain itu di bendungan ini banyak tempat pemancingan yang di komersialkan / bayar.

Foto di bawah ini adalah penampakan Rawa Bendungan yang belum di Paving di Pinggirnya. Kondisi sekarang lebih bagus dan rapi.

rawabendungan

Kolam di Jl Sutomo

Tempat ini di selatan Politeknik Negeri Cilacap, tempatnya seperti sawah yang tergenang menyerupai kolam. Biasanya ikannya mujaer, gabus atau biasanya di sebut bogoh.letaknya di Tengah kota, asyik memancing sambil menikmati angin pantai yang kurang lebih 500 meter di sebelah timurnya.

sutomo

 

Sungai Serayu

Lokasi ini terdapat di sepanjang sungai serayu mulai dari Kesugihan sampai Adipala yang berakhir di laut/Muara. Foto di bawah ini adalah sisi Sungai serayu di Barat Jembatan Adipala

serayu

Sungai Yasa

Tempat ini merupakan perairan yang dilewati perahu dan kapal, foto di bawah ini terletak di barat PPC, sebelah utara Rusunawa.

kaliYasaPPC

Pantai Timur

Tempat ini di timur pelabuhan PPC, ombaknya cukup besar. Untuk yang menyukai tantangan bisa mancing di sini, ombaknya cukup besar dan lautnya dalam. Foto di bawah ini adalah di sebelah timur Pelabuhan PPC

PPC

 

Area 70

Tempat ini menjadi tempat faforit, baik untuk mancing maupun sekedar selfi khususnya sambil menikmati sunrise. terletak di paling selatan pantai teluk penyu. Tempatnya mudah di jangkau dari kota cilacap. area70.2

Foto di bawah ini adalah foto di atas yang di lihat dari arah laut ketika menyebrang ke pulau Nusakambangan.

area70

Trak Dam

Untuk menjangkau tempat ini menggunakan perahu karena letaknya di tengah laut, di barat pelabuhan Tanjung intan. sekitar 5 menit dari dermaga sleko atau dermaga navigasi.

trekdam2

Foto di bawah ini ketika kondisi air laut sedang surut. Harus sedia bekal minum dan makanan jika tidak ingin kelapran karena berada di tengah laut. Biasanya mancing di sini antar jemput karena tmerupakan jalur kapal dan perahu lewat sehingga tidak ada perahu yang parkir di sini.

trekdam

Nusakambangan

Untuk yang suka tantangan bisa ambil spot di pulau nusakambangan, menyebrang dari teluk penyu sekitar 15 menit. foto di bawah ini adalah pantai pasir putih, di foto dari ujung timur pulau nusakambangan

nusakambangan2

Untuk yang suka tantangan ada spot yang cukup ekstrim yaitu di perairan Nusakambangan atau lepas pantai, disebelah timur atau sebelah selatan pulau Nusakabangan. Biasanya pemancing menggunakan perahu atau kapal untuk menuju ke tempat ini. Tempatnya cukup berbahaya karena berhadapan langsung dengan laut lepas yang ombaknya besar. Hanya pemancing yang punya nyali dan peralatannya lengkap yang mancing di sekitar sini.

nusakambangan

Kampung Laut

Di Perairan Kampung laut banyak spot mancing, bisa di tempuh dengan naik kapal compreng dari dermaga sleko/navigasi 1 s-d 2 jam. Foto di bawah ini adalah di sekitar perairan motean.  motean

Foto di bawah ini adalah dermaga kecamatan kampung laut di desa klaces, kurang lebih 1,5 – 2 jam dari kota cilacap. terletak di bagian barat pulau Nusakambangan.

klaces

Perairan Nusakambangan

Semua Perairan Nusakambangan bisa bisa untuk spot mancing, asalkan bisa mencapai tempatnya. Foto di bawah ini adalah salah satu spot mancing yang berada di sekitar Penjara Nusakambang, atau biasa di kenal daerah Candi, dari kota cilacap sekitar 30 menit di tempuh naik kapal. selain itu ada beberapa spot mancing di sekitar situ yaitu periran sapu regel, terobosan buaya dll.

candi

Dermaga Navigasi

Di dermaga ini biasanya banyak di gunakan untuk memancing, terletak di sebelah utara Pelabuhan Tanjung Intan. Foto di bawah ini di ambil dari arah laut.

navigasi

Penampakan Dermaga Navigasi dari darat dengan latar belakang dermaga Sleko dan Pelabuhan Tanjung Intan. Daratan yang nampak adalah pulau Nusakambangan.

navigasi2

Dermaga Penyebarangan Ke Nusakambangan

Lokasi ini di bagian paling selatan kota cilacap, di sebelah timur dermaga penyebarangan Holcim dan Penyebarangan ke Penjara Nusakambangan, biasanya banyak pemcing ikan blanak yang memancing secara rombongan. Tampak dermaga dengan latar belakang pulau nusakambangan.

selatan2

Foto di bawah ini di  jepret  ketika Sunset dengan latar belakang matahari yang mulai tengelam di Pulau Nusakambangan

selatan3

Foto di atas adalah sebagian kecil Spot mancing yang sempat penulis jepret dengan kamera. masih banyak spot mancing yang lebih menarik yang ada di cilacap dan sekitarnya.

 

 

 

 

 

3 Tanggapan to “Foto Spot Mancing Mania di Cilacap Nusakambangan dan Kampung Laut”

  1. Lukman April 17, 2016 pada 4:28 am #

    Ikannya apa aj kalau di nusakambangan?

  2. rumahminimals Mei 24, 2016 pada 9:48 am #

    mantap informasinya…

  3. bonsai serut Oktober 17, 2016 pada 3:33 am #

    dlu terakhir ke Cilacap pas sekolah dasar, rasanya pengen lagi ke Cilacap untuk menikmati nuansa alam di sana..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: