TAHUN INI LULUS UJIAN SELEKSI CPNS…? ANTARA IMPIAN, KERAGUAN, PERSIAPAN DAN STRATEGI MENGHADAPI UJIAN MASUK CPNS (Kesempatan datang berapa kali…?, siapkan lebih awal untuk menghadapi Tes CPNS)

22 Mei

Sejak Moraturium PNS mulai 1 September 2011 s/d Desember 2012, penerimaan PNS sementara di hentikan kecuali untuk beberapa Departemen dan Formasi khusus. Sampai akhir tahun 2012 jumlah PNS 4.462.982 atau 1,9 % dari total penduduk yang berjumlah 241 juta jiwa.

Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional akan digelar pada Agustus 2013. Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Abu Bakar Menyampaikan jika moratorium penerimaan CPNS reguler telah dicabut, namun jumlahnya terbatas. Jumlah PNS yang memasuki masa pensiun tahun 2013 mencapai sekitar 110 ribu dan yang akan diterima sekitar 60 ribu CPNS.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersikap tegas terhadap pelanggaran Norma, Standar, dan Prosedur (NSP) Kepegawaian, termasuk menindak kecurangan dalam penerimaan CPNS baik dari jalur tenaga honorer maupun pelamar umum. Berdasarkan wewenang yang dimiliki, BKN menjadi garda terakhir dalam menjaga kemurnian dan obyektivitas dalam proses penerimaan CPNS.

Meskipun pemerintah secara tegas sudah menyampaikan ancaman terhadap kecurangan dalam penerimaan CPNS, serta memperingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati jika ada oknum yang mengaku dapat meloloskan seseorang menjadi PNS, namun masih ada berita-berita tentang penipuan  dengan modus menjanjikan seseorang diterima menjadi PNS dengan imbalan sejumlah uang.

Sebagai renungan kita, apakah untuk menjadi PNS harus dengan cara-cara yang tidak sesuai prosedur (Bayar dengan sejumlah uang  )?, atau  apakah untuk lolos ujian CPNS harus membayar ke oknum ?. Mungkin kita sering mendengar berita ada korban yang sudah setor uang  puluhan bahkan seratus juta lebih namun gagal menjadi PNS.

Jika ada orang yang berhasil menjadi PNS  dengan membayar sejumlah uang, kira –kira berapa persen, atau dengan kata lain tidak semua orang yang menjadi PNS harus dengan membayar. Tidak sedikit orang yang  diterima menjadi PNS karena Tes Murni.  Penulis percaya jika masih cukup banyak peluang bagi orang yang ingin menjadi PNS hanya mengandalkan Tes.

Jika pembaca sependapat dengan penulis, silahkan baca uraian selanjutnya…..

Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang lolos ujian CPNS (Versi Penulis)

  1. Kemampuan/kecerdasan/strategi

Dalam mengerjakan soal-soal ujian membutuhkan kemampuan, kejelian, ketelitian dan kesabaran untuk menjawab semua soal dengan cepat dan tepat. Hal tersebut sangat di pengaruhi oleh persiapan dan proses belajar.

  1. Doa

Doa sangat penting untuk sukses  agar lolos tes CPNS, namun doa  bagaimana yang sebaiknya di lakukan, penulis tidak banyak saran dan pendapat karena hal tersebut  penulis anggap pembaca sudah tahu dan lebih mengerti.

  1. Keberuntungan

Tidak di pungkiri jika faktor kebruntungan masih ada, namun sangat rugi jika kita hanya mengandalkan faktor keberuntungan dengan tidak berusaha semaksimal mungkin dalam menghadapi tes CPNS.

  1. Kesehatan

Kesehatan sangat penting karena jika pada hari H kita mengalami masalah dengan kesehatan maka dapat mengganggu proses mengerjakan soal dan dapat menggagalkan hasil ujian.

  1. Faktor X

Jika seseorang secara murni lolos tes CPNS, maka sebenarnya apa yang menyebabkan keberhasilanya: doanya, belajarnya, atau keberuntungannya? Tidak mudah menjawabnya. Bisa karena doa atau amalan orang tuanya, doa orang teraniaya yang pernah di tolongnya dan masih banyak lagi.

Dari   faktor diatas, yang bisa kita usahakan yaitu usaha belajar, doa, dan kesehatan. Sedangkan keberuntungan dan faktor X tidak bisa kita prediksi dan dihandalkan. Ujian CPNS serentak dan dilaksanakan pada pagi hari dan dilaksanakan di suatu tempat misalkan stadiun, GOR atau beberapa lokasi (sekolah-sekolah), pesertanya bisa dari daerah dimana ujian tersebut diadakan atau dari luar daerah yang cukup jauh.

Ada beberapa kejadian ketika pada hari H Ujian CPNS yang perlu kita perhatikan (ngangkasi) :

  1. Peserta terlambat datang ke tempat Ujian karena berbagai kendala, yaitu tidak tahu tempatnya/ tersesat, macet, kecelakaan, kendaraan trouble, kena tilang dll. Jika terlambatnya melebihi toleransi waktu maka perserta tidak dapat melaksanakan ujian, meskipun masih dalam toleransi dan bisa melaksanakan ujian, namun kemungkinan besar kurang konsentrasi dalam mengerjakan soal sehingga menyebabkan hasilnya …?
  2. Peserta lupa membawa persayaratan ujian, misalkan KTP, kartu Ujian. Jika hal ini terjadi maka peserta terancam tidak bisa ikut ujian.
  3. Mengalami kendala  dengan sarana pra sarana, misalkan peralatan tulis yang tidak dibawa, kurang optimal penggunaannya, kursi yang digunakan kurang nyaman, meja tulis kurang rata dan tidak nyaman digunakan, ruangan panas, duduk berdesakan dll.
  4. Ketika mengerjakan soal ujian, terasa lapar dan haus sehingga mengganggu konsentrasi.
  5. Mengalamai masalah dengan kesehatan, misalkan sakit, sakit gigi, flu,pilek, batuk batuk, sakit mata, sakit kepala, gatal-gatal dll.
  6. Grogi mengerjakan soal, hal ini terjadi jika melihat jumlah soal, jenis soal, waktu yang disediakan. Di tambah lagi dengan peserta lain yang kelihatan tenang mengerjakan  soal, apalagi jika ada yang keluar ruangan sebelum waktunya habis.

Bagi anda yang sudah pernah mengerjakan  ujian masuk CPNS, mungkin salah satu kejadian di atas pernah mengalami atau melihat peserta lain mengalaminya. Ada satu pertanyaan yang perlu di perhatikan, “ Berapa lama Anda mempersiapkan diri untuk ikut ujian masuk CPNS …?, seminggu, sebulan , tiga bulan ?”. Sebelum di jawab, coba kita perhatikan hal –hal di bawah ini:

  1. Bagi Anda yang pernah ikut bimbingan belajar (bimbel) untuk bisa lolos masuk ke Sekolah atau perguruan tinggi Negeri yang favorit, berapa lama Bimbel dilaksanakan.?
  2. PNS yang berangkat dari honorer biasanya membutuhkan waktu beberapa tahun untuk bisa diangkat menjadi CPNS, bahkan ada Hononer yang sudah belasan tahun sampai sekarang belum diangkat menjadi CPNS.
  3. Peserta yang lolos ujian CPNS, biasanya sudah beberapa kali ikut seleksi/Ujian CPNS. Jarang yang baru satu kali ikut ujian CPNS terus bisa lulus.

Menjawab pertanyaan diatas, kira-kira berapa lama? Tidak ada standar yang baku, namun ada yang mengatakan tanpa persiapan karena ikut tes hanya untung-untungan, namun akhirnya lulus. Ada yang belajar sepintas lalu, yaitu belajar ketika menjelang ujian. Ada juga yang hanya mengandalkan soal latihan dan tryout seleksi CPNS yang biasanya di adakan menjelang penerimaan CPNS. Ada jawaban yang lebih lucu lagi yaitu hanya belajar soal-latihan dan menjawab soal hanya berdasarkan perasaan, misalkan jawabannya sesuai rumus (a,b,c,d,e) (aaa,ddd) dsb. Apakah kita percaya begitu saja dengan pengakuan mereka / yang sudah lulus ujian CPNS ? jangan-jangan jawabannya asal-asalan  yang bisa menjerumuskan…..

Dapat kita bayangkan untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang favorit, meluangkan waktu ikut bimbel sampai satu tahun, namun persiapan ikut tes seleksi CPNS hanya beberapa hari atau minggu.?  Namun berdasarkan pengamatan penulis sudah ada beberapa orang yang mulai meluangkan waktu untuk mengikuti bimbingan dan belajar untuk persiapan ikut ujian CPNS, meskipun secara privat.

Persayaratan administrasi ikut ujian seleksi CPNS khususnya dari jalur umum cukup banyak mulai dari SKCK, bebas narkoba, kartu kuning, legalisir ijazah dan transkrip nilai, FC Ktp, surat keterangan dll. Sehingga peserta lebih di sibukkan untuk mengurus persyaratan tersebut mulai dari Kelurahan, Polsek, Koramil, Polres, Disnaker, Puskesmas, Rumah Sakit sampai sekolah dimana ia pernah belajar. Untuk melengkapi persayaratan tersebut membutuhan waktu, tenaga, pikiran dan biaya, kesabaran serta perasaan sehingga tidak bisa fokus mempersiapkan materi yang akan di ujikan di Ujian CPNS. Setelah pengumuman peserta yang lolos administrasi dan menerima surat panggilan TES, baru giat dan serius belajar materi materi yang akan diujikan, namun apakah waktunya cukup ….?

Selama ini penulis belum pernah mendengar ada lembaga pendidikan yang mengadakan bimbingan belajar untuk menghadapi Tes masuk CPNS, setahu penulis hanya sekedar latihan try out soal-soal /prediksi soal ujian masuk CPNS. Hal ini menuntut orang yang ingin ikut ujian seleksi CPNS, berusaha sendiri dengan cara dan metode yang ia bisa lakukan dengan prosentasi kegagalan lebih besar. Karena yang mendaftar UJian CPNS sangat banyak namun diterima sedikit, misalkan formasi Guru Bahasa Inggris yang disediakan 3 namun yang mendaftar dan ikut ujian 300, artinya untuk bisa lolos harus bisa menyisihkan 297 orang (bukan kemungkinan lolos 1 banding 100).

Ada suatu anggapan orang yang baru lulus/fres graduate, kemungkinan lolos seleksi lebih besar dibandingkan dengan orang yang sudah lama lulus sekolah sehingga menyebabkan rasa pesimis bagi alumni lama dan rasa ke-Pede-an bagi fres graduate, hal  tersebut bisa menjadi bumerang bagi keduanya, sehingga baik fres graduate maupun alumni lama bisa sama-sama tidak lolos tes…(lho terus yang lolos siapa?).

Diantara pembaca mungkin sudah berkali-kali (lebih dari 5 kali) ikut tes seleksi CPNS namun belum berhasil, padahal sudah belajar dari pengalaman sebelumnya tetapi belum lolos juga. Memang tidak mudah lolos ujian CPNS, disamping syarat administrasinya ketat juga saingannya banyak. Sehingga yang bisa lolos ujian CPNS adalah mereka yang benar-benar siap dan mampu mengalahkan saingan serta beruntung.

Jika Anda masih berminat menjadi PNS sebaiknya sedini mungkin mempersiapkan dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal ujian karena saingannya banyak dan semua berjuang untuk lolos tes seleksi.

Hal hal di bawah ini yang perlu Anda persiapkan jauh-jauh hari jika ingin ikut seleksi tes CPNS: (ngangkasi)

  1. Persiapan Administrasi

Biasanya yang bisa dipersiapkan jauh-jauh hari yaitu: Ijazah dan Transkip Nilai

Jika sudah mempunyai Ijazah dan Transkrip nilai, sebaiknya di foto copy dan di legalisar secukupnya, biasanya ada persyaratan yang tanda tangan dan legalisir Rektor/Ketua atau Pembantu Ketua /Purek.

– KTP

Cek Masa berlaku KTP, ada kejadian ketika seleksi administrasi masa berlaku KTP masih aktif tapi ketika Ujian seleksi masa berlaku sudah kedaluarsa, sehingga perhitungkan masa berlaku KTP Anda.  Ada baiknya di FC dan dilegalisir

– Kartu Kuning

Biasanya menjelang pendaftaran CPNS, Kantor Tenaga kerja penuh dengan antrian orang mencari Kartu Kuning, sebaiknya jauh jauh hari Sudah punya Kartu Kuning.

-FC Kartu Keluarga, Dll

Adapun syarat-syarat lain menyesuaikan (SKCK, Kartu Bebas Narkoba, Surat Keterangan Dokter)

2. Persiapan Materi

Banyak buku latihan Ujian seleksi CPNS, materi  latihan dari internet dll, pelajari pola soalnya dan jawabannya. Sebaiknya belajar secara rutin setiap hari sampai menjelang hari H Ujian seleksi. Semakin lama belajar materi ujian CPNS maka semakin baik

3. Persiapan Fisik dan psikis

Menjaga pola makan, mengurangi ngemil, lebih baik puasa secara berkala (senin, kamis) untuk meningkatkan ketenangan dan menjaga emosi.

4. Doa

Suatu keberhasilan tidak lepas dari doa, namun mengenai doa penulis tidak nguyahi , penulis anggap pembaca sudah paham dan mengerti.
Dari uraian di atas, kira kira metode pembelajaran yang bagaimana yang cocok dan sesuai untuk menghadapi ujian tes CPNS…? Penulis belum tahu namun, namun untuk mempersiapkannya dapat menggabungkan antara  persiapan materi ujian, fisik dan psikis serta doa.

Satu catatan penting yaitu kemampuan untuk memprediksi soal yang keluar adalah nilai plus yang bisa mengantarkan seseorang bisa lolos ujian seleksi CPNS. Tiap tahun soal ujian CPNS pasti berbeda namun   metode/cara menjawabnya tidak jauh  beda, sehingga jika prediksi materi soal tepat maka dalam mengerjakannya ujian CPNS berjalan dengan lancar dan tepat.

Tip dan Trik ketika menjelang Ujian dan saat Ujian Tes CPNS(ngangkasi):

  1. Sehari sebelum ujian persiapkan semua persayaratan administrasi yang harus di bawa ketika ujian (KTP, No Ujian dll) serta peralatan tulis yg akan digunakan.
  2. Pastikan Tempat di mana kita akan ujian, ruangan serta bangku yang akan kita tempati, sebaiknya sehari sebelum ujian  survai dulu.
  3. Lihat daftar peserta ujian siapa tahu ada yang di kenal, berapa jumlah peserta yang satu ruangan serta berapa jumlah semua peserta yang satu formasi dengan kita (untuk mengetahui jumlah pesaing) .
  4. Perhitungkan lama perjalanan dari tempat tinggal/rumah, kost atau hotel dengan tempat Ujian.
  5. Malam sebelum ujian sebaiknya menenangkan pikiran, santai (jangan lembur belajar, karena belajarnya sudah dari kemarin)
  6. Sebelum berangkat makan  yang cukup dan  hindari makanan yang pedas, sebaiknya membawa bekal minum dan makanan/roti.
  7. Perhitungkan 45 menit datang lebih awal dari waktu mulai ujian, sehingga jika ada halangan di jalan, masih ada toleransi waktu sehingga tidak terlambat.
  8. Ketika di tempat  ujian cek semua perlengkapan yang harus di bawa, jika diperbolehkan duduk di ruangan ujian sebelum ujian dimulai, sebaiknya duduk sambil menenangkan pikiran.
  9. Ketika soal ujian di bagi, cek soal ujian apakah sesuai dengan formasi yang  diambil, jumlah soal serta waktu yang di sediakan. Perhitungkan kira kira satu soal membutuhkan berapa menit untuk menyelesaikan.
  10. Cek juga jenis soal, selesaikan terlebih dahulu soal yang paling mudah.  Jangan lupa untuk melihat jam sehingga waktu tetap terkontrol.
  11. Selama mengerjakan soal jangan terpengaruh dengan peserta lain, jika ada yang keluar ruangan sebelum waktunya habis, cuek aja.
  12. Jika sudah selesai namun waktunya masih ada, maka gunakan waktu yang tersisa  untuk mengecek kembali jawaban, serta teliti kembali identitas anda di lembar jawaban.
  13. Jika waktu sudah selesai pastikan lembar soal dan jawab di terima pengawas atau di tinggal di meja dan pastikan juga sudah tanda tangan daftar hadir.
  14. Selanjutnya menunggu pengumuman

Jika semua langkah-langkah tersebut dilakukan apakah dijamin lolos ujian CPNS..? Insya Allah jika sudah kehendak-Nya maka apa yang tidak mungkin, namun jika belum rejeki kita maka Allah berkehendak lain. Mungkin tahun ini belum lolos siapa  tahun depan bisa sukses atau pekerjaan sebagai PNS tidak  tidak cocok bagi kita, justru pekerjaan saat ini yang terbaik bagi kita meskipun swasta atau justru pekerjaan informal. Sehingga jika tidak lolos CPNS tidak terlalu menyesal karena sudah berusaha maksimal .

6 Tanggapan to “TAHUN INI LULUS UJIAN SELEKSI CPNS…? ANTARA IMPIAN, KERAGUAN, PERSIAPAN DAN STRATEGI MENGHADAPI UJIAN MASUK CPNS (Kesempatan datang berapa kali…?, siapkan lebih awal untuk menghadapi Tes CPNS)”

  1. Salim ari Agustus 18, 2013 pada 10:26 pm #

    Mas, berapa t0tal lama waktu dari pendaftaran sampai bener2 diangkat jadi pns?
    3/4/5/6 bulan?
    tk.
    dkrim via email bisa mas?

    • ngangkasi Agustus 22, 2013 pada 3:23 am #

      Tergantung instansinya (kementrian atau Pemerintah daerah)biasanya setelah diterima, 1-3 bulan menerima SK pengangkatan CPNS, selanjutnya setelah berkerja 1 tahun menerima SK PNS (tentunya setelah Diklat PRajabatan)

  2. TATO HERIANTO Desember 26, 2013 pada 4:11 am #

    saya seorang cpns dari kota ciamis jabar, kemarin saya mengikuti seleksi cpns di kota mojokerto jawa timur, saya sangat kecewa karna bukan kemampuan yang digunakan untuk menjadi pns tapi istilah wani piro yang masih populer disana, saya sangat kecewa sekali akan hal ini, kepada siapa saya harus mengadukan hal yang seperti ini dan siapa yang bisa dipercaya dalam mengatasi hal yang seperti ini masih adakah para pejabat yang berhati jujur dan bersih.

    • ngangkasi Januari 9, 2014 pada 2:13 pm #

      positif thinking aj, mungkin itu ulah orang yang ingin mencari keuntungan

Trackbacks/Pingbacks

  1. Apa Resep Jitu Lolos CPNS ? | - Mei 23, 2013

    […] Persiapan dan Strategi Tes CPNS […]

  2. Sukses Diterima CPNS : Bukan hal yang rahasia untuk bisa lolos seleksi CPNS | - Desember 14, 2015

    […] Butuh waktu dan ketenangan untuk bisa mencapai kondisi di mana tenaga dan pikiran bisa focus menghadapi tes CPNS, adapun secara teknis langkah-langkah menghadapi Tes CPNS silahkan Klik […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: