GAME POKEMON FREE DAY ATAU FREE AREA GAME POKEMON ?

18 Jul

Pokemon adalah salah satu game yang saat tulisan ini dibuat game ini mulai di sukai. Demam pokemon melanda bak jamur tumbuh di musim penghujan.  Game pokemon itu sebenarnya apa ? sampai saat ini penulis belum pernah main atau berkeinginan untuk ikut main, entah mengapa. Namun melihat pemberitaan di media elektronik yang begitu gencar serta melihat animo pengguna yang tampak semangat mengunakan game tersebut, membuat penulis ingin iseng menulis tentang game pokemon.

Dalam tulisan kali ini tidak akan membahas tentang permainan game pokemon (cara memasang di HP, mengunakannya  , tip dan trik dll) karena terus terang saja penulis belum pernah menggunakannya. Namun ada sisi lainnya yang menurut penulis menarik untuk di cermati dari game Pokemon.

Kalau kita bicara game elektronik berbasis computer atau HP, gambaran kita adalah orang yang asyik mojok dengan di depan computer atau HP dengan ekspresi yang berubah ubah, jari jarinya asyik diatas keyboard atau keyped. Sehingga ada anekdot jika anak sekarang yang kuat  bukan kaki atau tangannya tapi jari-jarinya   karena olahraganya main game.

Berbeda dengan game selama ini. Game pokemon menuntuk gamer (pemain game) untuk berjalan-jalan di luar ruangan dengan sasaran mencari pokemon yang sembunyi di area tempat tertentu, hal ini menuntut gamer menyusuri jalan dan terus bergerak. Selain itu dalam game ini akan bertemu dengan gamer lain yang sedang main game sehingga terjadi interaksi antar gamer.

Dengan melihat permainan game ini  maka mindset bahwa main  game itu statis hanya di tempat terus menerus maka terbantahkan.  Dengan game Pokemon gamer bisa saling berinteraksi dan dinamis di luar ruangan.

Melihat kenyataan ini maka apakah   game pokemon  banyak  bermanfaat bagi user/gamer ? tentunya ini ibarat pisau yang mempunyai dua mata sisi tajam yang bisa bermanfaat namun juga bisa tidak bermanfaat bahkan bisa membuat celaka.  Bagi seorang maniak game yang terbiasa menghabiskan waktu seharian di kamar  dengan main game, maka dengan main game pokemon maka menuntut ia berjalan-jalan di luar rumah menjelajahi lingkungan dan menuntut untuk saling berinteraksi dengan gamer lainnya,  Sehingga menambah teman dan pengalaman baru. Hanya itu manfaatnya…….?

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan akan merugikan, namun hal itu kembali ke pribadi masing-masing. Yang perlu di waspadai adalah kehati hatian dalam memainkan game ini karena dalam memainkannya menuntut gamer untuk melihat layar monitor dan terus berjalan. Jika lagi apes maka bisa menabrak, di tabrak, kesandung, menginjak sesuatu, atau tidak melihat ada lubang, sehingga……. . Cukup banyak kecelakaan yang di sebabkan karena menggunakan hp ketika   berjalan atau mengendarai kendaraan.

Menurut info, pokemon yang dicari di dalam game ini bisa sembunyi di manapun, di kebun, jalan bahkan tempat beribadah. Menurut berita dengan memainkan game ini bisa membuat gamer mau datang ke tempat ibadah , untuk apa…..?sekedar jalan jalan mencari pokemon atau sekalian ikut beribadah….?

Sebenarnya game pokemon ini apa  dan bagaimana, kenapa bisa ada di mana mana dan harus jalan-jalan di area luar ruangan ?  setelah melihat di TV maka penulis sedikit mempunyai analisa tentang game ini (karena belum pernah main game ini….). Penjelasannya mungkin agak sulit untuk di pahami, namun penulis anggap banyak pembaca yang lebih paham dari penulis.

Untuk memainkan game Pokemon menggunakan HP dengan spesifikasi tertentu, harus ada sinyal  karena untuk mendeteksi di mana gamer berada. Di Game ini ada gambaran area dimana gamer berada, apakah sedang di jalan atau di tanah lapang. Di layar monitor jelas terlihat gambaran peta di mana gamer berada, syaratnya harus ada sinyal. Jika gamer bergerak maka di layar monitor akan menyesuaikan dengan gerakan gamer. Jika gamer menyusuri jalan maka di layar juga tampak jalan yang di lewati. Selain itu jika ada gamer lain yang berada satu lokasi maka di layar juga akan tampak tandanya karena gamer lain terdeteksi dengan sinyal. Kurang lebih gambarannya seperti itu.

Kalau melihat berita di Tv sudah ada kejadian yang di sebabkan game pokemon, meskipun itu di luar negeri, ada orang yang di tangkap karena melakukan kejahatan dengan modus bermain game pokemon. Selain itu ada tempat yang memasang papan pengumuman tentang dilarang main game pokemon di area tersebut karena mengganggu kenyamanan orang lain.

Dalam imajinasi penulis, jika banyak orang yang main game pokemon maka banyak orang yang hilir mudik dimanapun tidak memandang tempat dengan memegang HP, bisa saja orang yang hilir mudik di area makam hanya mengejar pokemon. (hi hi  …). Jika pokemonnya sembunyi di sumur atau di atas menara atau bahkan di bibir jurang……gimana?

Jika nantinya gamer pokemon ternyata membuat gangguan kenyamanan bagi orang lain, misalkan di tempat ibadah, pertokoan, atau jalan raya, kira kira bagimana (ini sih imajinasi penulis….). Bisa saja di pasang papan pengumuman GAME POKEMAN FREE DAY di jalan raya atau jalan protocol atau mungkin alun-alun.  Atau bahkan ini bisa membuat peluang bagi Programer untuk membuat program yang bisa mensterilkan area tempat dari jangkauan game pokemon.

Apakah ini mungkin….?penulis sebagai orang awam hanya mempunyai logika sederhana, jika game pokemon membutuhkan sinyal . Maka dengan mengacak sinyal di area tersebut maka game pokemon tidak bisa di mainkan di area tersebut. Apakah ini tidak mengannggu sinyal telpon ponsel ?   itu lah tantangannya….. ada virus tentunya ada anti virus, jika ada game mengapa tidak ada anti game..?

Di balik kecanggihan game pokemon, penulis tidak tahu tujuan game ini di buat. Apakah murni untuk mencari uang atau ada maksud tertentu.

Sepengetahuan penulis sesuatu yang menarik, banyak di bicarakan, dipakai dan menyenangkan maka akan menjadi magnet bagi generasi muda untuk menggunakannya. Ada yang benar benar suka game tersebut, namun ada juga yang sekedar tidak mau di bilang ketinggalan jaman. Rasanya kurang nyaman (bagi penulis) jika seandainya bangsa kita dikenal sebagai bangsa yang konsumtif, hanya pemakai bisanya hanya menggunakan (tentunya tidak mengesampingkan para penemu dan ilmuwan yang banyak di Indonesia).  Ada rasa keprihatinan tersendiri di hati penulis melihat anak-anak muda dengan antusias memainkan game ini, semoga saja itu hanya sekedarnya saja hanya untuk mengisi waktu luang di sela kesibukan lain yang lebih berarti. Apakah ada yang tertantang membuat program anti game pokemon ? ( ini bukan bertujuan untuk melawan game ini, tapi sekedar untuk membuktikan kita BISA) (ngangkasi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: