Catatan Mudik Idul Fitri 2016: Cilacap-Tegal-Kutoarjo (II)

15 Jul

Setelah lebaran 2 hari di Tegal, maka persiapan mudik ke Kutoarjo.  Melihat fakta kemacetan yang parah di Brebes sampai jalur arteri di Margasari , sehingga mudiknya jumat  dini hari jam 00.30.  Sempat khawatir dengan antrian panjang di SPBU, namun ketika mengisi BBM di SPBU   Tegal   (sekitar kec. Talang), lancar dan tidak terlihat antrian.

Perjalanan melalui jalan Tegal Slawi sampai memasuki Margasari  lancar dan. Titik titik kemacetan yang biasanya terjadi di siang hari yaitu lampu merah, pasar, pusat keramian , saat penulis lewat sepi. Setelah memasuki Klonengan arus mulai padat namun masih lancar. Jam 01.30 lewat jalur Margasari Prupuk lancar, sampai memasuki Kalisalak arus lalin masih lancar.

Menjelang jalur lingkar  Bumiayu jam 2.30 arus lalin mulai ramai padat . Arus kendaraan di arahkan ke  jalur lingkar, namun terjadi kemacetan. Karena macet parah maka penulis ambil haluan balik kembali dan ambil jalur kota Bumiayu, untung baru lewat jalur lingkar sekitar 150 meter.

6. in_bumiayu

Gb. Kepadatan di jalur lingkar Bumiayu menuju Purwokerto jam 3 pagi, karena macet maka balik haluan menuju jalur yang masuk ke kota Bumiayu.

Arus lalin di kota Bumiayu padat tapi masih lancar.  Memasuki lampu merah jalur lingkar Bumiayu terjadi kemacetan yang diakibatkan oleh Bis yang mogok. Arus kembali lancar sampai Pekuncen dan Ajibarang.

Jam 4 pagi lewat jalur Ajibarang Purwokerto, sepi dan sedikit kendaraan yang lewat sehingga kendaraan bisa di pacu di atas 90 km /jam. Memasuki kota Purwokerto masih sepi, lewat jalan Jend Sudirman lengang hanya ada beberapa kendaraan yang lewat. Istrirahat 40 menit sholat shubuh di masjjid PT KAI. Pukul 05.25 lanjut perjalanan lewat jalan Gerilya dan sampai Sokaraja jam 5.45 lalin lancar sampai Buntu.

6. In_depan gramedia

Gb. Kondisi lalin di depan Gramedia Purwokerto jam 5.26 pagi, masih sepi dan lengang

7. In_sokaraja

Gb. Pertigaan di Sokaraja, arah kiri ke Purbalingga, sedangkan yang ke kanan ke Jogjakarta. kondisi jam 5.41 pagi

Jalur Buntu mulai ramai namun masih lancar sampai Sumpiuh, Tambak. Memasuki Gombong jam 7 pagi sudah mulai ramai dan istirahat sebentar sekedar beli bubur ayam. Memasuki Karanganyar arus ramai lancar sampai Kebumen kota. Baru setelah mamasuki Kutowinangun terjadi kemacetan meskipun tidak terlalu parah. Arus lalin padat merayap sampai Prembun. Hal ini di karenakan aktifitas warga yang sudah kembali , misalnya pedagang dan lalu lalangnya para penduduk melakukan aktfitas .

8. in_buntu

Gb. Lalin di buntu arah ke Jogjakarta sudah padat tetapi masih lancar. kondisi jam 6.15 pagi

9. In_gombong

Gb. Lalin di Gombong jam 7.12 pagi

10.In_prembun

Gb. Lalin di prembun, sudah padat cenderung tersendat, konsisi jam 9.01

12. in_butuh

Gb. Banyak pemudik yang mampir di Dawet Hitam Butuh . kondisi jam 9.27 . arus lalin lancar .

Jam 9.30 pagi mulai masuk kutoarjo, arus padat merayap.

(Berambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: