Bagian I. Sekilas Tentang Kabupaten Cilacap

27 Apr

Cilacap merupakan   kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki wilayah paling luas, dibandingkan dengan kabupaten lainnya,  luas kabupaten Cilacap 225.360,840 hektare (termasuk Pulau Nusakambangan yang mempunyai luas 11.551 hektare). terdiri dari 24 kecamatan, 15 kelurahan dan 269 desa. Terletak di jawa tengah paling selatan bagian barat.  Wilayah cilacap membentang memanjang dari timur ke kebarat.  Dari Kecamatan Nusawungu yang berbatasan dengan kabupaten Kebumen ,  ke barat sampai Kecamatan Wanareja yang berbatasan dengan Jawa Barat.

peta_cilacap

 

selamat datang

Keterangan Gb. Gapura Selamat datang yang berada di desa Jambusari Kec. Jeruklegi

Secara topologi wilayah cilacap terdiri dari perbukitan/dataran tinggi,  dataran rendah dan pesisir pantai. Untuk kecamatan yang berada di dataran tinggi / perbukitan adalah Dayeuhluhur. Sedangkan kecamatan yang sebagian wilayahnya berbukitan adalah Wanareja, Majenang, Cimanggu dan Karangpucung. Semuanya berada di wilayah Cilacap barat. Sedangkan kecamatan yang sebagian besar adalah pantai atau perairan adalah Kampung Laut, terdiri dari empat desa yang di pisahkan dengan laut. Wilayah Cilacap timur sebagian besar daerah pertanian padi karena merupakan dataran rendah yang mendapat pengairan dari bendung serayu.

dayeuhluhur

Keterangan Gb. : Depan Kecamatan Dayeuhluhur, merupakan kecamatan yang paling jauh dari  kota Cilacap

Kabupaten Cilacap di bagi menjadi empat distrik, yaitu eks. Distrik Kroya,  Cilacap, Sidareja dan Majenang.  Eks. Distrik Kroya terletak di Cilacap bagian timur meliputi kec. Kroya, Nusawungu, Adipala, Binangun, Maos, dan Sampang. Eks Distrik Cilacap meliputi Kec. Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Kesugihan, Jeruklegi, Kawunganten dan Kampung Laut.  Eks Distrik Sidareja meliputi Kec. Bantarsari, Gandrungmangu, Sidareja, Cipari, Kedungreja, dan Patimuan. Eks distrik Majenang meliputi Kec. Karangpucung, Cimanggu, Majenang, Wanareja dan Dayeuhluhur.

nusawungu

 

Keterangan Gb. Kantor Puskesmas Nusawungu, kecamatan yang berada paling timur

Wilayah Kabupaten Cilacap di bagi menjadi tiga jika di lihat dari letaknya, namun penulis belum punya referensi pendapat  tersebu, hanya berdasarkan  pendapat umum  yang berlaku di masyarakat,  yaitu wilayah cilacap bagian barat, Cilacap timur dan Cilacap tengah/kota. Ada yang pendapat jika termasuk cilacap barat adalah dari hutan Kubangkangkun Kec. Kawunganten  ke  arah barat, sedangkan masuk wilayah Cilacap Timur adalahwilayah yang berada di timur sungai Serayu. Sehingga dari barat sungai serayu sampai hutan kubangkangkun termasuk wilayah Cilacap tengah/kota. Secara UMK (upah minimum kabupaten), Kabupaten Cilacap dibagi menjadi dua, yaitu UMK Cilacap barat dan UMK Cilacap  timur.

kroya

 

Keterangan GB. Jalan depan Puskesmas Kroya

Sebagai kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Jawa barat yang bahasanya  Sunda, wilayah Cilacap juga sebagian penduduknya berbahasa sunda terutama yang berada di cilacap barat,  meskipun bahasanya kadang masih campuran. Meliputi kecamatan Karangpucung, Cimanggu, Majenang, Wanareja dan Dayeuhluhur. Sedangkan wilayah cilacap lainnya bahasanya banyumasan. Sepengetahuan penulis wilayah yang bahasa sundanya sangat kental yaitu wilayah Dayeuhluhur.

sindangbarang

 

Keterangan Gb. Jalan di desa Sindang Barang Karang Pucung, sebagian penduduknya  menggunakan bahasa Sunda untuk komunikasi sehari-hari.

Wilayah pantai membentang dari timur ke barat yaitu dari Kecamatan Nusawungu, Binangun, Adipala, Kesugihan Cilacap kota,  Kampung Laut sampai Kecamatan Patimuan. Namun pantai dari Cilacap kota sampai Patimuan tidak berhadapan dengan laut lepas, karena terhalang pulau Nusakambangan. Disamping itu merupakan daratan timbul berupa rawa-rawa yang tidak biasa di kunjungi orang karena memang jarang penguninya. Untuk mencapainya menggunakan transportasi air menggunakan perahu compreng.  Sedangkan wilayah pantai dari kota ke Nusawungu merupakan pantai yang digunakan untuk wisata, pelabuhan maupun tempat nelayan. Untuk wisata yaitu pantai Cemara Sewu di Nusawungu, Widara payung di Binangun, dan pantai teluk penyu di Cilacap kota. Sedangkan yang di gunakan untuk berlabuh nelayan tersebar di beberapa wilayah cilacap kota.

jetis

 

Keterangan Gb. Pantai Cemara Sewu yang berada di kec. Nusawungu

Pulau Nusakambangan yang berada di selatan Cilacap merupakan pulau yang secara administrative milik  Departemen Hukum dan Ham. Sehingga tidak masuk dalam wilayah kecamatan di Cilacap. Hal ini karena memang Nusakambangan digunakan untuk Penjara , Namun jika dicermati pulau nusakambangan bisa di bagi ke tiga wilayah. Wilayah timur merupakan daerah yang berupa hutan belantara yang berupa perbukitan namun ada beberapa tempat wisata yang bebas dikunjungi dengan cara menyeberang menggunakan perahu motor. Wilayah tengah merupakan kompleks Penjara yang tidak semua orang boleh memasukinya. Wilayah ini juga berupa hutan dan perbukitan, namun ada akses jalan yang menghubungkan antar LP dan dermaga. Nusakambangan bagian barat sebagian berupa pemukiman yang masuk kecamatan kampung laut. Dari empat desa, hanya dua desa yang berada di Nusakambangan, itu saja untuk desa Ujungalang sebagian wilayahnya di daratan.

nusakambangan

Ketrangan Gb: Jalan yang ada di Pulau Nusakambangan Bagian Timur

motean

Keterangan Gb. Pemukiman penduduk di Motean Ujung Alang wilayah Kampung Laut.

Wilayah cilacap timur terkenal dengan pertanian padi karena area persawahannya yang luas dan pengairannya lancar, meliputi Nusawungu, Binangun, Adipala, Kroya, Maos dan Sampang. Khusus untuk Maos dan Sampang merupakan daerah yang paling terkenal produksi padinya. Untuk daerah Dayeuhluhur, wanareja dan Majenang banyak terdapat perkebunan yang di kelola oleh petani,  kebanyakan perkebunan karet. Namun pertanian padi tetap masih ada di daerah tersebut.  Sedangkan daerah yang  sebagian besar nelayan adalah kampung laut, selain itu di wilayah cilacap kota juga tersebar daerah nelayan.

 

Daerah Cilacap yang sering terjadi bencana adalah wilayah Cilacap barat. Banjir sering terjadi di daerah Sidareja. Longsor sering terjadi di daerah majenang dan Wanareja. Jika musim kemarau daerah yang rawan kekeringan adalah Patimuan dan Kedungreja.

gandrungmangu

 

Keterangan Gb. Jalan yang berada di Kec. Gandrungmangu

Lalu lintas darat Jalur Selatan dari Bandung ke Jogja hanya melintasi wilayah Cilacap mulai dari Wanareja, Majenang, Cimanggu dan Karangpucung, selanjutnya masuk wilayah banyumas. Artinya hanya lewat daerah Cilacap barat, tidak melalui wilayah Cilacap kota dan cilacap timur. Sehingg daerah Cilacap kota bukan tempat transit. Hanya orang yang memiliki kepentingan  ke Cilacap yang akan datang ke Cilacap. Untuk Transpotasi Kereta Api ada Stasiun yang cukup besar yang sering digunakan untuk naik dan turun penumpang, yaitu Stasiun Sidareja, Maos dan  Kroya. Di Cilacap Kota ada Stasiun besar namun merupakan stasiun terakhir/ buntu.

 

patimuan

Keterangan Gb. Jalan yang berbatasan dengan Jawa Barat

Di Cilacap ada bandara Tunggul wulung yang berada di wilayah Kecamatan Jeruklegi yang berjarak dua km dari kota Cilacap. Saat ini hanya ada satu maskapai yang melayani trayek Cilacap – Jakarta, yaitu Susi air. Selain itu Bandara ini digunakan untuk sekolah penerbangan, ada lebih dari lima sekolah penerbangan yang menggunakan bandara tersebut. Ada juga  Pertamina dan Holcim  yang sering  menggunakan Bandara tersebut.

 

Selain bandara, di Cilacap ada pelabuhan yaitu Pelabuhan Tanjung Intan dan Pelabuhan PPC. Pelabuhan Tanjung Intan adalah pelabuhan untuk bongkar muat barang. Pelabuhan PPC merupakan pelabuhan perikanan, sehingga banyak kapal tangkap  ikan  yang  berlabuh dan membongkar muatan di sini. Selain itu ada pelabuhan Pertamina untuk bongar muat Minyak.

pelabuahn

Keterangan Gb. Kapal yang bongkar muatan di Pelabuhan Tanjung Intan

Selain Pelabuhan ada beberapa dermaga penyebrangan, diantaranya dermaga Holcim untuk penyebarangan karyawan  Holcim ke Pertambangan Nusakambangan, Dermaga Milik Departemen Hukum dan Ham yang di gunakan untuk menyebarang ke LP di Nusakambangan, Dermaga Sleko untuk penyebrangan  ke Kampung Laut, dermaga Navigasi, Dermaga Karangsuci dan Kalipanas untuk penyebrangan ke Keluarahan Kotawaru.

(Bersambung)

 

2 Tanggapan to “Bagian I. Sekilas Tentang Kabupaten Cilacap”

  1. andri Mei 6, 2016 pada 12:10 pm #

    Nusakambangan……!!!

  2. tekno canggih 2016 Mei 24, 2016 pada 9:46 am #

    pantai ayahhhh,, kangenn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: