TOURING KE PULAU NUSAKAMBANGAN CILACAP MENYUSURI PANTAI PASIR PUTIH, PANTAI KARANG PANDAN DAN BENTENG KARANG BOLONG

15 Mar

Nusakambangan adalah nama sebuah pulau di Jawa Tengah yang lebih dikenal sebagai tempat terletaknya beberapa Lembaga Pemasyarakatan (LP) berkeamanan tinggi di Indonesia. Pulau ini masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Cilacap dan tercatat dalam daftar pulau terluar Indonesia. Pulau Nusakambangan memiliki luas 121 km 2 atau 11.511 ha dengan bentuk memanjang dari timur ke barat.

Pulau Kambangan, yang berstatus sebagai cagar alam, selain sering digunakan untuk latihan militer, juga merupakan habitat bagi pohon-pohon langka, namun banyak yang telah ditebang secara liar. Saat ini yang tersisa kebanyakan adalah tumbuhan perdu, nipah, dan belukar. Kayu plahlar (Dipterocarpus litoralis) yang hanya dapat ditemukan di pulau ini banyak dicuri karena setelah dikeringkan, mempunyai kualitas yang setara dengan kayu meranti dari Kalimantan.

Pulau Nusakambangan bagian barat terdapat pemukiman penduduk karena ada dua desa yang terletak di pulau tersebut yaitu desa Klaces dan Ujungalang yang masuk kecamatan Kampung Laut, dengan Ibukota kecamatan di desa Klaces. Kecamatan Kampung laut dapat di tempuh dengan perjalanan laut naik perahu compreng dari kota Cilacap selama 1 s/d 2 jam.

Pulau Nusakambangan bagin timur merupakan hutan dan pantai yang sebagian di gunakan sebagai objek wisata,yaitu pantai pasir putih, pantai karang pandan dan benteng karang bolong meskipun tidak  ada pemukiman penduduk namun jika siang hari ada warga yang berjualan di tempat tersebut.

Pada kesempatan kali ini penulis ingin menyampaikan pengalaman mengunjungi Pulau Nusakambangan bagian timur. Minggu pagi jam 6.30 dengan teman spedaan di area 70 (kawasan pantai Teluk Penyu)  setelah keliling mencari perahu, akhirnya setelah tawar menawar harga, sepakat naik perahu dengan membawa sepeda. Sekitar 7 menit naik perahu melewati perairan yang cukup tenang karena  tidak musim ombak, maka sampailah kami di dermaga timur Nusakambangan.

IMG_2587

Meluncur ke Nusakambangan

IMG_2598

Dermaga Timur Nusakambangan

Setelah menginjakkan kaki di pulau Nusakambangan, seperti biasa foto-foto. Suasana pagi yang cerah serta suasana pantai yang indah dan lebatnya hutan, menambah indah suasana. Di sini ada pilihan apakah mau menikmati pantai atau mau masuk ke hutan dan menikmati suasana hutan serta ada tiga pilihan tempat rekreasi yaitu pantai pasir putih, pantai karang pandan dan benteng karang bolong.

IMG_2697 - Copy

Jalan yang di lalui

Penulis memutuskan untuk menikmati tiga kawasan wisata tersebut, dengan membayar ongkos masuk 4 ribu/ orang, maka dengan jarak tempuh kurang lebih 700 meter melewati hutan dengan medan jalan berbatu, sangat cocok dilewati dengan naik sepeda gunung. Sepanjang jalan banyak jenis pepohonan yang hanya ada di pulau tersebut, serta suara-suara hewan hutan yang semakin menambah suasana semakin alami.

IMG_2603

Pantai Pasir Putih

Meskipun sepanjang jalan sepi, namun beberapa kali berpapasan dengan wisatawan lain. Selain itu ada pedagang yang berjualan di tengah hutan. Setelah kurang lebih 15 menit naik sepeda, sampailah di pantai pasir putih. Suasana pagi (jam 8) yang masih sepi membuat pantai begitu damai disertai ombak yang tenang. Penulis sempatkan berjalan-jalan di sepanjang pantai menyusuri pasir putih dan bebatuan serta rimbunya pepohonan di sepanjang pantai. Setelah 20 menit berjalan akhirnya sampailah di ujung timur Nusakambangan yaitu berupa pulau batu karang yang kokoh berdiri menantang deburan ombak pantai laut selatan

IMG_2662

Karang di Ujung timur Nusakambangan

Jam 9 pagi namun sudah mulai lapar, perjalanan di teruskan ke pantai karang pandan dengan waktu tempuh 10 menit dengan naik sepeda. Akhirnya kami menemukan warung, sepiring lotek di tambah lontong serta mendoang yang masih hangat cukup memuaskan apalagi di tambah es kelapa muda  terasa mak yusssss. Selanjutnya menikmati pantai yang berpasir putih, Susana pantai yang asri serta rimbunnya pepohonan semakin menambah indahnya pantai. Pagi itu pantai masih sepi  hanya ada kurang lebih 15 orang wisatawan.

IMG_2735

Pantai Karang Pandan

Setelah puas selanjutnya perjalanan di teruskan ke benteng karang bolong dengan waktu 5 menit dari pantai. Benteng tersebut berada di tengah hutan dan di atas bukit. Dari benteng tersebut dapat melihat luasnya laut samudera Indonesia. Selain melihat benteng tersebut dari luar, penulis masuk ke benteng tersebut dan terdata ruangan-ruangan yang gelap. Setelah naik turun melawati ruangan benteng yang sunyi senyap dan gelap, akhirnya sampailah di pintu keluar.

IMG_2705

Benteng Karang Bolong

IMG_2706

Samudera Indonesia

Selanjutnya perjalanan pulang melawati hutan dan kembali ke dermaga penyebrangan, sepanjang jalan melewati hutan sudah cukup banyak wisatawan yang baru datang sehingga menambah suasana semakin ramai. Setelah sampai di dermaga lalu mengontak tukang perahu untuk menjemput penulis dan kembali ke Pantai Teluk Penyu. Setelah menunggu selama 15 menit akhirnya perahu datang, setelah merapat maka penulis naik dan kembali ke Pantai Teluk penyu.

Demikian kisah perjalanan ke Nusakambangan, selain itu wisatawan dapat langsung dari Teluk Penyu menuju Pantai Pasir Putih atau pantai Karang pandan dengan menyewa perahu dengan ongkos yang berbeda tergantung kesepakatan.

Berlibur Ke Nusakambangan sangat cocok untuk orang yang suka tantangan  dengan suasana alam yang masih asli dan alami. Sangat cocok untuk orang yang hobi memancing lintas alam.

IMG_2624 - Copy

ARE YOU READY !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: