Gedung Bolong, Pasar Ikan Kutoarjo

23 Agu

Gedung Bolong, 2010 (by: Ngangkasi)

Jika kita mendengar istilah gedung bolong, tentulah terbayang suatu bangunan yang berlubang. Namun Gedung Bolong adalah suatu nama tempat di selatan pasar kutoarjo yang di gunakan untuk berjualan ikan air tawar dan ikan laut. Gedung Bolong merupakan suatu gang diantara 2 bagunan pecinan yang lebarnya kurang lebih 5 m dan panjangnya sekitar 200 m. sebenarnya jalan tersebut digunakan untuk jalan tembus dari Jl. MT haryono ke Jl. Tanjung Anom. Sehingga sering dilewati kendaraan roda 4.

Sejak lama Gedung bolong digunakan untuk berjaulan ikan, meskipun pemerintah daerah pernah memindahkan para pedangan ke pasar baru yaitu bekas pasar hewan di Jl. S. Parman, namun para pedagang banyak yang kembali ke gedung bolong dengan alasan di pasar baru sepi. Keberadaan para pedagang agak mengganggu pengendara mobil yang lewat jalan tersebut, apalagi jika ramai pembelinya.

Meskipun di Kutoarjo ada pasar khusus ikan, namun karena letaknya di dalam, maka banyak calon pembeli yang memilih belanja ikan di gedung Bolong.

2 Tanggapan to “Gedung Bolong, Pasar Ikan Kutoarjo”

  1. waljiman Maret 19, 2011 pada 11:59 pm #

    aku asli kutoarjo, aku kalau menyebut gedong bolong itu dengan sebutan “gedong welasan” karena kalau dihitung sepanjang jalan tembus itu ada sebelas rumah (kalau tidak salah)

    • Fandy Ricky Ramadhani Mei 1, 2016 pada 2:21 pm #

      Bener…iku “gedung welasa”….jeneng anyar rupane…dadi “gedung bolong”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: