KA Pramek Kutoarjo-Jogja-Solo : Transportasi Andalan Penunjang Mobilitas.

19 Jun

Keberadaan KA Pramek sampai saat ini sangat membantu masyarakat khususnya Purworejo dan Kebumen, hampir setiap jadual pemberangkatan KA ini dari Stasiun Kutoarjo dipenuhi oleh para penumpang yang akan menuju Jogja dan Solo, khususnya pada hari libur kebanyakan penumpang ada yang berdiri atau duduk di lantai beralaskan koran.

Berdasarkan pengalaman selama ini bahwa jadual keberangkatan dan kedatangan KA Pramek tepat waktu, maka banyak digunakan orang sebagai acuan jika mempunyai acara ke Jogja dan Solo. Hal ini biasanya para penumpang menyesuaikan kegiatan dan acaranya dengan jadual KA Pramek, jam berapa berangkat dan pulangnya menyesuaikan dengan jam pemberangkatan dan kedatangan KA tersebut.

Mengenai jadual KA Pramek, hampir semua penumpang sudah hafal sehingga ketika ada suatu keperluan/acara di Jogja dan Solo, bisa diperkirakan apakah bisa mengikuti jadual KA Pramek, jangan sampai bisa berangkat namun pulangnya ketinggalan KA Pramek karena terpaksa naik Bus yang waktunya bisa dua kali lipat. Hal tersebut juga penulis perhatikan, karena banyak kegiatan yang dilakukan di Jogja maupun Solo.

Satu kegiatan yang penulis alami adalah ketika kamis 18 Juni, penulis mengikuti Seminar Nasional Transformasi Birokrasi di Auditorium MM UGM Jogja, yang bertema ‘Dengan Penerapan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) dalam Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Publik’. Jika melihat jadualnya maka acara tersebut bisa diikuti dengan keberangkatan dan kepulangan menggunakan KA Pramek. Karena di jadual tertera acara dimulai pukul 07.30 s/d 15.00

Pagi 5.30 Penulis berangkat dari rumah lalu sampai Stasiun Kutoarjo jam 05.45, membeli tiket dan KA Pramek sudah menunggu lalu dua menit kemudian berangkat. Dalam waktu satu jam sudah sampai di Stasiun Tugu, selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan naik Angkutan jalur 4 dan tepat pukul 07.30 sampai di depan Gedung MM UGM. Sesuai jadual acara seminar sampai 15.00, setelah mengurus sertifikat maka penulis langsung pulang untuk mengejar jadual KA Pramek pukul 15.50.

Penulis naik Angkutan Jalur 4, dalam perjalanan sempat khawatir jika tertinggal KA Pramek, namun Alkhamdulilah 15.40 sampai stasiun Tugu, setelah membeli tiket lalu menunggu satu menit dan KA Pramek tiba. Meskipun penumpang penuh namun sangat senang karena bisa naik KA tersebut, mengingat jam tersebut merupakan jadual terakhir sehingga jika tertinggal bisa memakan waktu dan biaya yang lebih mahal untuk pulang ke Kutoarjo.

Pukul 17.00 KA Pramek sampai Stasiun Kutoarjo sehingga penulis merasa lega karena dapat mengikuti acara di Jogja. Melihat biaya yaitu Rp 14.000 untuk biaya naik KA Pramek Kutoarjo-Jogja PP , maka bisa dikatakan murah karena selain nyaman juga kondisi badan tidak capai. Jika perjalanan tersebut di tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau umum maka selain waktunya yang lebih lama, biaya yang lebih mahal,dan berefek pada kondisi fisik dan psikis yang lelah.

Pengalaman di atas merupakan salah satu dari sekian banyak pengalaman yang dialami oleh para penumpang KA Pramek, dimana keberadaan KA tersebut sangat membantu untuk menunjang kegiatan di Jogja maupun Solo dengan biaya yang murah dan waktu yang cepat dan yang paling penting adalah kondisi badan yang tetap segar dan vit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: