FaceBook, Ibarat Pisau bermata 2

5 Jun

Penulis : https://ngangkasi.wordpress.com

Siapa yang tidak kenal Facebook?. Bisa dikatakakan orang yang pernah dan sering internet pasti kenal dan pernah menggunakan FaceBook, Hari gini belum pernah pakai Facebook? Ketinggalan kali.

Facebook di kenal luas di seluruh dunia, dari anak-anak sampai orang tua. Hampir semua lapisan masyarakat menggunakan Facebook. Bisa dikatakan semua orang yang internet pernah menggunakan Facebook Mengapa facebook begitu terkenal? Setidaknya ada hal-hal yang dapat di temui di facebook ketika seorang user sudah mendaftar, yaitu:

1. Ketika pertama kali masuk setelah mendaftar maka akan masuk ke halaman anggota yang berisi Fota Anda (jika mendaftarnya memasukan Foto Anda).

2. Pada halaman tersebut terasa asing dan agak canggung karena tampilannya beda dan memakai bahasa Inggris, sehingga butuh waktu untuk mengartikannya, Jika Anda kesulitan gunakan bantuan www.translate.google.com untuk mengartikan bahasanya.

3. Nampak tampilan foto-foto dari sebagian anggota Facebook, Anda di minta mengecek karena siapa tahu foto dari orang yang Anda Kenal.

4. Pertama kali masuk, Anda belum bisa berkomunikasi langsung dengan anggota lainnya, sebelum ada hubungan peretemanan, yaitu suatu hubungan yang sudah di setujui kedua pihak. Sehingga Anda belum punya teman.

5. Untuk mencari teman coba klik salah satu foto anggota, selanjutnya ada pilihan menu mengenai maksud Anda mengklik foto tersebut. Karena dengan mengklik foto berarti Anda secara tidak langsung meminta untuk menjadi temannya.

6. Foto anggota yang di klik bisa menerima atau menolak ajakan pertemanan tergantung keinginan yang bersangkutan.

7. Jika Anda mengandalkan pertemanan dengan orang yang belum dikenal maka membutuhkan trik tertentu, yaitu menggunakan foto Anda yang menarik dan mempesona. (Ada anggota yang menggunakan foto seksi dan terkesan mengoda).

8. Anda bisa mencari teman yang dulu pernah Anda kenal dengan mengetikkan di text searching(pencarian ), sehingga facebook akan mencari di database anggota.

9. Selanjutnya carilah anggota yang ditampilkan, karena pasti akan sangat banyak tampilannya dan siap-siaplah terkejut karena mungkin akan menemui orang yang selama ini ‘hilang’

10. Selain itu Anda bisa mengetikkan nama sekolah Anda, karena mungkin ada forum tentang sekolah Anda dulu, misalkan SMA N Purworejo.

11. Biasanya jika ada forumnya maka akan di tampilkan daftar anggotanya, bisa siswa yang masih sekolah, alumni dan guru-gurunya

Selain poin-poin diatas maka ada hal lain yang perlu Anda ketahui adalah

  1. Siap-siaplah Anda ‘dicolek’ oleh anggota lain
  2. Mungkin Anda akan dikirimi pesan yang sedikit jorok
  3. Mungkin ada foto yang terlalu ‘terbuka’ yang Anda temui.
  4. Dan yang pasti jika Anda kecanduan maka banyak menghabiskan waktu dan uang untuk sekedar Facebook.
  5. Siap-siaplah jika hal atau pekerjaan Anda tertunda karena Facebook.
  6. Hati-hati memasukkan foto dan komentar karena siapa tahu mengalami nasib seperti Prita Mulyasari yang sekarang kasusnya masih proses.

Manfaat FaceBook ternyata tidak sedikit karena dapat menjalin komunikasi yang selama ini putus, serta lebih menggairahkan dan memperluas pergaulan di dunia maya, namun membutuhkan kedewasaan dan kecermatan dalam menggunakannya, karena ibarat obat dengan lambang ular dan gelas, jika dalam menggunakannya melebihi dosis maka obat tersebut menjadi racun yang justru membahayakan. Selain itu Facebook ibarat pisau bermata dua yang bisa digunakan untuk kebaikan namun bisa mendatangkan bahaya. (ngangkasi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: