Prita Mulyasari dan Efek Teknologi Internet

4 Jun

Penulis : https://ngangkasi.wordpress.com

prita_mulyasariPrita Mulyasari (32 tahun) merupakan seorang wanita dari dua orang anak tinggal di Serpong, Tangerang. Saat ini yang bersangkutan mengalami konflik dengan RS Omni Hospital, Tangerang. Kisah tragis Prita di mulai ketika yang bersangkutan di rawat di rumah sakit tersebut. Merasa tidak puas dengan pelayanan RS Omni Hospital, Prita menulis keluhannya lewat E-mail ke sejumlah rekannya pada bulan Agustus 2008. Tak disangka tulisan Prita menyebar ke berbagai milis sehingga berita mengenai keluhan pelayanan RS Omni Hospital menyebar di internet.

Merasa di rugikan oleh Prita, pihak rumah sakit melalui kuasa hukumnya, Hengki melaporkan Prita pada 5 september 2008. dalam Laporan yang bernopol LP/2260/K/IX/2008/spk unit 1, Prita dilaporkan atas tuduhan Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP tentang pencemaran nama baik dan fitnah dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. Selang satu bulan, tepatnya 22 Desember 2008, Prita di-BAP untuk pertama kali. Dari situ prita di periksa secara maraton hingga akhirnya berkasnya dilimpahkan ke Kejari Tangerang pada 30 April 2009 .

Atas laporan RS Omni Hospital, Prita di tahan oleh pihak kejaksaan, sehingga harus berpisah dengan kedua anaknya yang masih kecil. Kisah yang dialami Prita mulai tercium media sehingga tersebar luas melalui media cetak, elektronik dan bahkan internet. Dari pemberitaan yang berlangsung secara cepat dan luas maka kejadian yang di alami Prita mengundang simpati dari banyak pihak. Bahkan kasus tersebut mulai memasuki ranah politik.

Ada beberapa tokoh politik yang bersimpati kepada Prita Mulyasari, tercatat Megawati sudah menjenguk Prita di LP Wanita Tangerang, selain itu tim sukses JK-Wiranto juga akan menemui Prita untuk menawarkan advokasi. Selain Pihak Megawati dan JK-Wiranto, kasus Prita Mulyasari juga menjadi perhatian Presiden SBY. Beliu minta jajaran penegak hukum agar dalam menjalankan tugas juga memperhatikan rasa keadilan dalam masyarakat. Selain itu SBY minta Jaksa Agung dan Kapolri melihat kasus Prita dengan baik sehingga bisa mendapatkan solusi yang terbaik.

Terlepas dari sebab dan kepentingan dari semua pihak terhadap kasus Prita Mulyasari, ada beberapa catatan yang perlu kita perhatikan yaitu sebaiknya kita lebih berhati-hati dan lebih bijaksana dalam menggunakan dan peralatan teknologi, baik internet, hp, kamera dll. Karena sesuatu hal yang tidak kita inginkan bisa terjadi dan tersebar luas ke publik. Banyak kasus yang berawal dari iseng atau ketidaksengajaan bahkan keteledoran yang menyebabkan kasus bagi yang bersangkutan. Banyak Foto atau rekaman video yang semula untuk pribadi bisa menyebar dan menjadi konsumi publik sehingga menjatuhkan orang yang bersangkutan.(ngangkasi)

2 Tanggapan to “Prita Mulyasari dan Efek Teknologi Internet”

  1. Ono Gosip Juni 9, 2009 pada 12:45 am #

    BREAKING NEWS !!!

    KEJAGUNG MENILAI JAKSA YANG MEMERIKSA PRITA TIDAK PROFESIONAL, DAN MEMERINTAHKAN PEMERIKSAAN ATAS PARA JAKSA TERSEBUT

    TANGGAPAN KEJATI BANTEN ATAS PEMERIKSAAN JAKSA YANG MENUNTUT PRITRA:

    “Kita tidak berbicara siapa yang akan kemudian bertanggung jawab terhadap pembuatan …(BAP),yang penting, tapi siapa yang harus bertanggung jawab mereka yang melakukan tindakan pidana (PRITA). Saya berikan apresiasi kepada jaksa tersebut!!”

  2. Ono Gosip Juni 9, 2009 pada 3:11 am #

    HASIL DENGAR PENDAPAT KOMISI IX DPR DGN MANAGEMENT RS OMNI:
    1. KOMISI SEMBILAN TIDAK PUAS DENGAN JAWABAN DARI PIHAK RS OMNI
    2. MENGUSULKAN PENCABUTAN IZIN OPERASIONAL RS OMNI
    3. MENCABUT TUNTUTAN RS OMNI KEPADA PRITA MULYASARI
    4. RS OMNI HARUS MINTA MAAF SECARA TERBUKA KEPADA PRITA MULYASARI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: