Film Laskar Pelangi dan Kekuatan Cinta

18 Mei

Naskah Asli = https://ngangkasi.wordpress.com

laskar_pelangi

Cinta merupakan ungkapan kasih sayang yang lahir dari hati, cinta sudah ada sebelum manusia di ciptakan, dan cinta selalu ada selama jantung masih berdetak. Banyak kisah tentang sejarah, legenda dan dongeng yang bernafaskan cinta, sehinga cinta merupakan topik yang selalu menarik jika di tuangkan dalam cerita, misalkan buku, novel dan film.

Romeo dan Juliet merupakan contoh sebuah legenda percintaan yang di tuangkan dalam sebuah cerita film. Selain itu kisah tenggelamya kapal Titanic di filmkan dengan balutan kisah asmara yang sangat mengharukan. Sehingga menjadi salah satu judul film yang banyak di tonton orang di seluruh dunia.

Banyak film yang berisi kisah tentang percintaan, namun sedikit diantaranya yang ceritanya menarik dan mengharukan, justru ada yang menonjolkan sex dan pornografi sehingga makna sebuah cinta ternoda oleh hawa nafsu. Selama ini yang penulis perhatikan dan saksikan adalah film, baik layar lebar maupun senetron yang bertema tentang percintaan namun isinya penuh dengan kedengkian, hawa nafsu tentang harta warisan, wanita dan jabatan/kedudukan.

Sebuah kisah percintaan yang sangat mengharukan dan mengesankan sering penulis temukan dalam kisah film India, tidak sedikit film-film india yang bercerita tentang tema percintaan. Hal menarik adalah makna sebuah cinta yang dituangkan dalam cerita dan di ekspresikan dengan acting yang memukau terdapat pada film yang dibintangi Shah Rhuk Khan, Amitha Bachan dll.

Meskipun banyak film Indonesia yang sudah di produksi namun sedikit yang cerita dan tema tentang cinta sangat menarik dan mengesankan, salah satunya adalah Laskar pelangi. Cinta yang di gambarkan dalam film tersebut adalah cinta guru kepada 10 muridnya yang disebut laskar pelangi . Dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana kesepuluh muridnya di didik dengan penuh kasih sayang meskipun honor yang di terimanya sangat minim.

Dari kisah nyata SD Muhammadiyah dengan 10 murid yang di filmkan muncul sosok seorang guru yang di kagumi, di teladani dan di hormati yaitu Ibu Muslimah. Seorang Guru wanita yang berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa dengan segala kemampuan dan keterbatasan sekolah tersebut.

Dibalik cerita film tersebut ada seorang pelaku sejarah dari kisah nyata 10 murid SD Muhammadiyah di Belitung yaitu Andrea Hirata, seorang penulis novel ‘laskar pelangi’. Sebuah buku yang bercerita tentang kisah pengalaman ia dan teman-temannya selama bersekolah, buku tersebut disusun dengan tujuan untuk di persembahkan kepada gurunya yaitu Ibu Muslimah, serta di copy untuk beberapa temannya.

Dari sebuah buku yang disusun untuk gurunya ternyata oleh salah satu temannya masukkan ke penerbit sehingga menjadi sebuah novel yang sangat laris. Novel Laskar Pelangi merupakan sebuah kisah nyata yang penyusunnya tidak ada niat untuk diterbitkan dan di komersialkan, ternyata sangat laris dan di sukai oleh para pembaca sehingga harus di cetak ulang. Banyak pembaca yang terinspirasi dan menghayati makna sebuah kehidupan, sehingga dapat membangkitkan semangat dan gairah hidup.

Kekuatan cinta seorang murid Andrea Hirata kepada Gurunya Ibu Muslimah, menyebabkan Novel laskar pelangi sangat di gemari oleh pembacanya dan Filmya ‘meledak’ di pasaran. Sebuah cinta yang benar-benar tulus terbukti sangat besar efeknya, baik bagi orang yang di cintai maupun orang lain.

Aaura sebuah cinta dapat di lihat oleh hati, menyentuh perasaan dan menggetarkan qolbu. Cinta yang tulus dapat membangkitkan serpihan keputusasaan, meruntuhkan batu karang kesombongan dan menggoncang dunia peradaban.

Cinta lahir dari proses, penderitaan bukan penghalang sebuah cinta namun suatu ujian untuk menuju kedewasaan hakekat sebuah cinta. (ngangkasi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: