SOHO dan Alternatif Profesi yang WAH (Work at Home)

11 Mei

SOHO (Small Office Home Office) merupakan salah satu profesi dunia Internet dimana seseorang, atau sekelompok kecil orang bekerja di rumah menggunakan Internet & komputer sebagai media utamanya. SOHO yaitu sebuah konsep bisnis kontemporer yang lahir karena adanya perkembangan di bidang teknologi, telekomunikasi, dan digitalisasi, yang dapat memberikan kemudahan bagi para pengambil keputusan dari mana saja. SOHO yaitu Perkantoran skala kecil dan menengah yang membutuhkan jaringan lokal (Local Area Network – LAN) dengan skala kurang dari 50 unit perangkat komputer di satu tempat, tidak tersebar atau memiliki cabang di sejumlah lokasi geografis yang terpisah atau tersebar di banyak tempat. Hal ini terjadi karena semakin berkembang dan meningkatnya pemanfaatan dan kebutuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang menjadi platform utama berbagai aktivitas kehidupan, bisnis maupun pemerintahan. LAN dan Internet adalah infrastruktur dasar yang menjadi modal dasar penerapan dan pemanfaatan TIK.

Konsep SOHO sendiri mulai menjadi tren di pertengahan 1990-an saat penggunaan PC (personal computer) semakin marak, dan proses komunikasi data dan suara makin mudah dan murah melalui jalur internet. Hal ini memungkinkan aktivitas bisnis tak harus lagi dilakukan melalui kantor, tapi bisa pula dijalankan dari rumah. Umumnya profesi yang bisa dijalankan dengan konsep SOHO misalnya penulis, arsitek, agen real estat, programmer, konsultan bisnis, bidang tehnologi informasi, sampai designer.

Dan akhir abad ke-20 menjadi era kebangkitan SOHO secara global bahkan mulai menjadi gaya hidup modern. Para produsen peralatan kantor juga mulai dengan serius melirik SOHO sebagai sebuah pasar yang menjanjikan. Tak heran bila kini banyak peralatan kantor yang berukuran kecil dan multifungsi, macam fax yang bisa berfungsi sebagai printer, scanner, sampai fotocopy.
Bekerja di SOHO lebih memiliki keleluasaan dalam bekerja. Selama memiliki visi dan misi yang jelas untuk hasil kerja yang maksimal. Jangan lupa bekerja di SOHO pun butuh disiplin kerja yang baik. Harus bisa membedakan zona rumah tinggal yang nyaman. Perjalan ke kantor hanya memakan waktu tak lebih dari 5 menit sungguh menyenangkan.

Bekerja ala SOHO membutuhkan sosok specialis. Internet memungkinkan seseorang menjadi seorang pakar (specialis) dalam bidang tertentu tanpa harus menempuh pendidikan formal (perguruan tinggi) terlebih dahulu. Orang bisa belajar secara otodidak melalui dunia maya. Informasi di dunia maya begitu melimpah, bisa mendapatkan informasi yang diperlukan untuk mendukung pekerjaa .Dan, tidak mungkin seseorang akan menguasai semua bidang. Kata kuncinya adalah fokus.

Untuk itu, penentuan fokus menjadi sesuatu yang penting agar orang bisa diakui oleh masyarakat. Seseorang akan menjadi pakar dalam bidang apa. Setidaknya, mempunyai minat yang besar dalam bidang apa, itulah yang nantinya terus menerus menjadi kosentrasinya. Misalnya, memilih untuk menjadi pakar teknologi Informasi (desain web, analis, programmer dsb), pakar manajemen, konsultas bisnis, penulis lepas dalam bidang tertentu (politik, sosial, budaya, kesehatan) dll. Pilih salah satu yang menjadi fokusnya, dan itulah bidang kerja dan profesinya.

Semuanya terserah kepada pilihan masing masing, seseorang akan menjadi pakar dalam bidang apa..?. Untuk kearah sana, memang membutuhkan proses yang panjang. Misalnya di mulai dari ikut menyumbangkan pemikiran dalam sebuah forum diskusi (milis) menulis artikel di berbagai media sampai menuangkan gagasan pemikiran seriusnya dalam bentuk buku. Dengan usaha ini, lambat laun masyarakat akan menilai sendiri “kepakaran” yang di miliki.

Pekerjaan ala SOHO di dunia blogger di kenal dengan istilah WAH (Work At Home) yaitu semua pekerjaan di kerjakan dari rumah, adapun pekerjaannya adalah membuat tulisan yang di posting di internet. Dari jumlah pengunjung yang membaca tulisannya maka akan menaikkan rating pendapatan dari iklan yang di pasang di web/blog.

Semakin hari semakin banyak peluang pekerjaan yang lahir dari perkembangan teknologi Informasi khususnya internet. Sehingga membuka peluang bagi user untuk meraih sukses lewat SOHO

Satu Tanggapan to “SOHO dan Alternatif Profesi yang WAH (Work at Home)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: