V.Delphi, VB,Foxpro,Web PHP MySQL : Mencopy program ke Komputer lain

6 Mei

Adakalanya ketika kita membuat program menggunakan bahasa pemrograman misalkan Delphi,VB,Foxpro web dsb mengalami kesulitasn pada saat program tersebut dijalankan pada komputer lain, artinya setelah program selesai dibuat dan di copy pada komputer lain terjadi error ketika di jalankan. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya konfigurasi yang salah atau tidak sesuai dengan program yang belum di copy.

Untuk memindah program ke komputer lain ada dua cara yang biasanya di lakukan :

1. Dengan program setup

Ketika sudah selesai membuat sebuah program aplikasi, ada kalanya harus membuat program setup sehingga untuk memindah ke komputer lain harus di lakukan instalasi, biasanya ini dilakukan untuk program-program aplikasi yang menggunakan memori yang cukup besar.

2. Langsung mengcopy

Ketika sebuah program selesai di buat, maka langsung dicopy ke komputer lain menggunakan media flasdisk atau CD

Untuk program yang di copy menggunakanan proses instalasi biasanya tidak banyak mengalami masalah selama file setupnya tidak mengalami gangguan, namun hal-hal yang perlu di perhatikan adalah :

1. Biasanya ada penambahan file pada komputer yang baru khususnya jika komputer tersebut tidak ada program bahasa pemrogramannya(yang digunakan untuk membuat software), misal untuk program database yang di buat dengan delphi maka komputer yang baru membutuhkan BDE (Borland delphi Engine) yang harus di instal.

2. Adakalanya program hasil setup membutuhkan file-file *.dll tertentu, misalkan program yang di buat menggunakan Foxpro.

Selanjutnya jika program hanya di copy ke komputer baru maka caranya tergantung dari bahasa apa program tersebut di buat :

1. PHP MySQl Apache

Untuk program web yang di buat menggunakan bahasa PHP database MySQL dan dengan server Apache, maka program dapat di kelompokkan menjadi dua, yaitu database dan script program plus accesoris pendukungnya, untuk database bisa di copy dan diletakkan pada folder C: /Apache/MySQL/data. Untuk folder yang berisi file-file script dan accesoris pendukungnya di copy dan di letakkan di C:/Apache /Htdocs.

Jika pada komputer baru belum ada Folder apache maka harus diinstal terlebih dahulu, jika tidak ada maka program tidak bisa di jalankan.

2. V.Delphi

Program yang dibuat menggunakan Delph (bukan program database) dapat langsung di copy ke komputer, asalkan dalam program tersebut sudah ada file dengan ekstension EXE, file ini biasanya akan meuncul jika program sudah di compile. Namun di pastikan semua file dalam satu folder sehinga yang di copy ke komputer baru adalah foldernya (yang berisi semua file)

3. VB

Program yang dibuat menggunakan VB dapat di copykan setelah program tersebut di compile/Build(dari VB – File-Build) sehingga sudah ada file dengan ekstension EXE, semua file terletak dalam satu folder.

4. V.Foxpro

Untuk program yang di buat menggunakan program ini biasanya harus di buat program setup.

Untuk mengcopy program ke komputer lain biasanya setiap bahasa pemrogram mempunyai cara dan karakter yang berbeda- beda sehingga membutuhkan kecermatan dan perlu langkah yang urut. Bersambung (ngangkasi)

5 Tanggapan to “V.Delphi, VB,Foxpro,Web PHP MySQL : Mencopy program ke Komputer lain”

  1. silvia Mei 8, 2009 pada 9:28 am #

    bagaimana agar supaya aplikasi yg aku buat dari vb yg udah di package bisa diinstall di komputer lain yg gak ada vbnya? soalnya aplikasiku nggak bisa dijalankan di komp lain.. mohon pencerahannya and lam kenal sblmnya

  2. ngangkasi Mei 8, 2009 pada 11:34 am #

    jika program sudah package dan mau di jalankan di komputer lain, tentunya file apa saja (database,animasi, project, form, report(dari crsital report?)) coba yang di jalankan adalah nama project yang sudah jadi exe (untuk membuatnya file -make project.exe), kalau kurang jelas bisa ditanyakan lewat email..Trim , salam kenal kembali

  3. ddr Juni 19, 2009 pada 4:50 pm #

    mas mo tanya neh…..

    sy kan bikin prgram dari delphi+mysql dengan koneksi dbexpress… trus file apa aja yang harus sya masukan ke dalam instalasi…. ??? sya udah coba buat file instalasinya tapi masih error… mungkin masih ada yang kurang
    mhon penjelasannya… trima kasih bnyak….

    slam knal…..

  4. masrul Mei 14, 2011 pada 3:25 am #

    asslmkm…slm knl..
    saya mau nanyak bagaimana Membuat Aplikasi Visual FoxPro Menggunakan Program Setup InstallShield Express setelah dibuild exe..
    terimaksh ats informasinya…

Trackbacks/Pingbacks

  1. Aceh-Online - Online Movie,Free Themes,Free Script,Recipe,Kamus Online,Radio Online,Tv Online,Free Software,Mp3 Online,free SMS send - V.Delphi, VB,Foxpro,Web PHP MySQL : Mencopy program ke Komputer lain - Mei 16, 2009

    […] View original post here:  V.Delphi, VB,Foxpro,Web PHP MySQL : Mencopy program ke Komputer lain […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: