Pasar Kec. Kemiri, Purworejo : Kazanah bahasa dan produk di Pasar Tradisional.

4 Mei

Kemiri merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Purworejo, terletak 5 km di utara kota Kutoarjo. Meskipun kota kecamatan namun geliat dan dinamika masyarakat Kemiri sudah maju dinamis, hal tersebut di dukung dengan akses jalan yang bagus, baik dengan kota Kutoarjo mapun dengan desa-desa di sekitar Kemiri. Sebagian wilayah pedesaan di kecamatan Kemiri terletak di pegunungan yang terletak di utara Kota kemiri.

Di kota kecamatan kemiri terdapat beberapa pusat ekonomi perdagangan, diantaranya pertokoan di utara alun-alun, AlfaMart dan Pasar. Ketiganya salin berdekatan, khusus untuk pasar terdapat dua hari dalam satu minggu yang ramai, atau di namakan hari pasaran yaitu Rabu dan sabtu, sehingga pada hari tersebut sangat ramai oleh pedagang dan pembeli yang bertransaksi, dilihat dari jenis barang dagangan setidaknya ada empat jenis yang cukup menjolok, yaitu:

1.Pasar Bambu

Terletak di alun-alun kemiri bagian barat, setiap hari pasaran terdapat penjual bambo yang memajang barang dagangan di alun-alun. Biasanya para pedagang adalah para petani yang langsung membawa bamboo menggunakan sepeda ontel dari desa-desa misalnya desa Sidodadi Karang Tengah, desa Samping, desa Kaliurip dll, setiap sepeda biasanya memuat delapan bamboo dengan harga kisaran 40-60ribuan. Biasanya pasar ini dari jam 5 sampai jam 8 pagi.

2. Pasar Ayam dan Unggas

Terletak di jalan sebelah barat pasar, biasanya yang di perjualbelikan ayam, itik,mentok, burung dara.

3. Pasar hewan/Kambing

Terletak di Pasar sebelah utara, biasanya hewannya adalah kambing

4. Pasar kebutuhan Pokok

Terletak di pasar sebelah dalam, bermacam-macam barang dagangan yang dijual belikan di pasar tersebut.

Jika di lihat dari barang yang di jual terdapat kekhasan tersendiri, meskipun sebagian besar barang yang dijual biasanya ada di pasar-pasar lain di Kutarjo maupun Purworejo namun ada beberapa barang yang hanya ada di pasar kemiri, misalnya tiwul ireng,gadungan,gaplek dsb (penulis tidak hafal namanya).

Dilihat dari model tempat dagangan dan cara penyajian dagangan, terdapat keunikan karena namanya pasar tradisional sehinga ada nuansa ‘pedesaan’ yang masih kental sehingga berkesan unik meskipun ada beberapa yang sudah cukup modern.

Bahasa….ini yang cukup unik dan menarik (bagi penulis) karena sebagian besar pedagang dan pembeli adalah orang-orang lokal dan orang pedesaan sehingga bahasa yang digunakan juga khas, baik dari segi dialek maupun kosakata, namun itu tidak menghambat komunikasi karena tetap bahasa jawa. Meskipun kadang ada istilah yang bagi penulis sudah jarang digunakan yaitu ‘pitungringgit, limangringgit’ dsb.

Mengenai harga relative, jika barang-barang yang diperdagangkan adalah barang yang berasal dari luar Kemiri, maka harganya cenderung lebih tinggi, tapi jika barang asli hasil daerah tersebut maka harga relative lebih murah.

Belanja di pasar kemiri meskipun pasar tradisional namun ada nuansa tersendiri dan ada barang yang tidak terdapat di pasar lain (Kutoarjo, maupun Purworejo)

14 Tanggapan to “Pasar Kec. Kemiri, Purworejo : Kazanah bahasa dan produk di Pasar Tradisional.”

  1. manto Juni 21, 2009 pada 2:04 am #

    pasar kemiri adalah satu-satunya pasar yang terbesar di kecamatan kemiri, tetapi kenapa ya pasar kemiri semakin lama-semakin sepi? dulu waktu beberapa tahun yang lalu setiap hari pasaran(sabtu&rabu) selalu ramai dan penuh sesak, tapi sekarang……………? cukup sedikit pengunjung kenapa yaaaaaaa……………………..?

  2. kodim September 16, 2009 pada 8:51 am #

    coba saja masyarakat kecamatan kemiri lebih suka untuk tetap mengguanakan pasar kemiri sebagai market daerah pasti ekonomi kec kemiri akan meningkat dari tahun ke tahun.
    tapi sekarang orang banyak yang gengsi untuk pergi ke pasar kemiri.why……?
    pertahankan dong kemiri jangan sampai sepi,bahkan kalau bisa kemiri bisa mendatangkan para pedagang untuk suka dan betah di kemiri…
    mohon dong bantuannya kepada para pejabat setempat gimana biar kemiri bisa jadi tempat yang ingin di kunjungi orang…

  3. nunung a n September 29, 2009 pada 5:08 am #

    aku alumnus sma kemiri angkatan 93.piye kabare konco2? buat temen2 yg masih kenal aku .call me 081808305643 trims

  4. tuti Januari 24, 2010 pada 11:11 am #

    iyach nich krg pasar kemiri jd sepi bgt…………dulu waktu aq msh kecil suka ikut ibu aq kepasar dari desa paitan sampe kemiri naek dokar.dulu pasar’y masih rame baget..tapi aq pulang kemarin pasar kemiri jadi sepi banget.padahal karang pasar’y udah g’ becek kaya dulu lagi.lo karang pasar’y dah bagus tapi malah sepi.tapi walopun karang dah sepi lo aq plg aq mesti ke pasar beli cenil………..jajanan faforit aq.hehehe…………..maju terus pasar kemiri…………

    LOVE U………………

  5. tuti Januari 24, 2010 pada 11:18 am #

    Buat alumnus SMP PMB 1 kta masih inget g’ ma aq? ni aq puji yg dulu kls 3c.Buat temen2 yg masih inget aq call aq di no 087837876287.aq tunggu kabar kalian semua….aq pengen banget reuni ma kalian semua…aq kangen bgtma canda tawa kalian dulu…tingkah laku kalian yg slalu bikin onar.aq tuggu ya my friend’s…………….

  6. agus Maret 25, 2010 pada 12:31 pm #

    maju truzz pasar kemiri dan moga2 kec.kemiri smakin di kenal di dunia luar sbg sentra bibit albesia

  7. meira Mei 18, 2010 pada 1:11 pm #

    emang bener sih, saiki pasar kemiri tansaya sepi. wong – wong padha males pasar nang kemiri. paling mbok-mbok. sebabe apa ya?

  8. Rafly Juni 15, 2010 pada 3:14 pm #

    Namaku Rochim Pranoto Aku dulu punya sahabat namanya Bambang SURYOATMOJO panggillannya A’at kata beliau asli wong Kemiri KIdul Kutoarjo.Th 1972 merantau ke Surabaya sekolah di SMA Budi Luhur lulus Th 1974kemudian bekerja di bagian Admin Pelayaran di Surabaya.Th 1981 pulang ke Kutoarjo aku ngantar sampai Sta. Semut.Waktu di Sby beliau tinggal di JL Jepara VIII/10.Pada th 1981 aku diterima kerja di Pt.Badak.lng Bontang ( Kal-Tim).jadi sdh hampir 30 th an nggak ada kontak.Ciri 2 beliau Tinggi wajah model rambut persis plek kayak penyanyi Eddy Silitonga pada thn 1975,usia nya sekarang kiro2 ya 55th. mudah2 an bisa membantu , matur nuwun sanget.No hp08123

  9. kusnadi sugandi Agustus 11, 2010 pada 4:10 pm #

    buat alumni smp n kemiri tahun 1982 s / d 1985 kelingan ora aku cah rejosari kelas III d jaman kep sekolah Pak Bejo, BA. moga sopo sing boco iki biso menghubungi aku di Hp. 08197902199, 0721-7154784,7624320. email bung_kus1010@yahoo.com khususe poro alumnus. matur nuwun nggihhh……

  10. Bandot Oktober 25, 2010 pada 6:33 am #

    lagi2 pasar kemiri nongol jadi ingat waktu smp
    tempat bolos sekolah,..
    heheeeee,…

  11. Nyong April 30, 2011 pada 2:13 pm #

    Nyong nek neng pasar kemiri tuku lopis, bubur candil karo tiwul legi wae.

  12. agus adrianto April 24, 2013 pada 12:36 pm #

    aku dulu sekolah di SD kemiri kidul.lulus tahun 1983.dan melanjutkan dismp 5 kutoarjo.banyak kenangan di kemiri waktu aku kecil dulu.sekarang saya ada di makassar.kalau ada yang masih kenal saya please kontak saya agus adrianto hp.08124110733

  13. shoul Juli 27, 2013 pada 8:21 am #

    kangen kemiri

    • nn Agustus 6, 2013 pada 7:50 am #

      nek kangen ya bali ae… wong cedak kok.. mabur paling berapa jam toh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: