KA Pramek Kutoarjo-Jogja-Solo : Geliat Subuh dan Dinamika Warga Purworejo

4 Mei

pramek1Purworejo di pagi hari (mulai jam 02.00) masih sepi dan senyap, hanya jalan-jalan raya yang kadang ada kendaraan yang lalu lalang, namun di pasar bagian luar dan di beberapa jalan di Kapubaten Purworejo mulai ada keramaian dimana banyak pedagang sayuran yang mulai bertraksaksi, biasanya jual beli di pagi hari terjadi antar pedagang. Penulis mempunyai tetangga yang berprofesi sebagai penjual /juragan sayuran, biasanya mulai jam dua pagi hari sudah mulai mengantar sayuran menggunakan sepeda motor, kadang lebih dari dua kali bolak-balik mengantar sayuran.

Disisi lain sepanjang jalan raya khususnya jalan Negara , sudah ramai oleh tukang ojek dan tukang becak yang setia mencari penumpang yang turun dari bis, misalkan di Klepu, terminal kutoarjo dan dim pintu masuk terminal Purworejo, selain itu keramian mulai nampak di stasiun Kutoarjo. Beberapa kali penulis menjemput saudara yang datang dari luar kota dan sampai di Kutoarjo jam 2 dini hari, penulis sempat mengamati aktifitas para tukang ojek dan tukang becak yang setia mencari penumpang.

Purworejo sebagai kabupaten yang dikenal adem, ayem dan tentrem sehingga mempunyai kesan sepi dan kurang dinamis, namun lambat laun tergeser oleh dinamika kehidupan yang semakin berkembang dan bergerak maju. Selain itu keberadaan KA Pramek ikut memberikan andil dalam menggeser pola hidup dan kebiasaan masyarakat Purwowejo. Awal pengoperasian KA Pramek dengan jadual pemberangkatan pukul 05.50 masih sepi penumpang yang bepergian ke Jogjakarta, sering penulis mengalami dalam satu gerbong hanya ada 5 penumpang. Namun sekarang pada jam tersebut sudah ramai penumpang, pada tanggal 3 mei 2009 penulis amati ada 50-an penumpang setiap gerbong yang naik dari stasiun Kutoarjo, belum termasuk penumpang yang naik dari stasiun Jenar, Purwordadi. Dengan perubahan jumlah penumpang setidaknya bergesernya pola hidup warga Purworejo dimana mulai jam 4 pagi mereka harus sudah siap jika ingin naik KA pramek dengan jadual pemberangkatan jam 5.50, setidaknya penulis alami selama ini.

Jalan stasiun merupakan jalan yang berada di depan stasiun Kutoarjo dan berakhir di terminal kutoarjo merupakan jalan yang ramai oleh para penumpang dan calon penumpang KA , mulai jam 4.00 sudah nampak keramaian, baik penumpang yang baru pulang dari luar kota maupun para calon penumpang KA khususnya KA pramek.

Sekarang warga Purworejo yang mempunyai keperluan ke Solo danJogja dapat menempuh perjalanan menggunakan KA pramek dengan cepat, aman, nyaman dan murah. Sebelum KA pramek beroperasi banyak warga Purworejo yang berpikir dua kali jika ingin bepergian ke dua kota tersebut, setidaknya berpikir berangkat jam berapa, naik apa pulang jam berapa, dan di perjalanan gimana? Apalagi jika di tuntut jam 7 atau jam 8 sampai di tempat tujuan. Namun sekarang orang dengan santai dan tenang, yang penting dapat mengejar jadual KA Pramek jam 05.00.

Selain itu orang bisa mengatur rencana dan program yang berhubungan dengan kota Jogja dan Solo, misalnya dalam bidang pendidikan, perdagangan dan jasa, sehingga hiruk pikuk dan dinamika dipagi hari bukan monopoli kota-kota besar, Purworejo khususnya Kutoarjo sudah mulai nampak dan berkembang untuk memulai kehidupan lebih awal dimana sebagian orang masih terlelap.(Ngangkasi)

2 Tanggapan to “KA Pramek Kutoarjo-Jogja-Solo : Geliat Subuh dan Dinamika Warga Purworejo”

  1. din Mei 4, 2009 pada 11:43 am #

    Boso Jowo#
    Sak jane yo ora Amargone dek biyen sak durunge akeh kendaraan sing Nganggo montor Wargo Ndeso Opo meneh sing panggonane Ono Wilayah Gunung Lor Sak durunge wektu Rep Magrib wis budal menyang pasar Kutoarjo, lan sak durune begug Subuh Wis tekan ing sekitar wilayah Kutoarjo poro Wargo nganggo obor Oncor. Iyo bedo kahanane yen wiyen jamane peteng ndedet yen saiki terang benderang lan tumpakane Kreto Expes Ngango AC. tks

  2. ngangkasi Mei 4, 2009 pada 12:18 pm #

    coba kalau dulu sudah ada pramek, mungkin sekarang lebih ramai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: