Seputar IT Internet : Dilema Hosting Gratisan (GeoCities)

29 Apr

hostingPerkembangan internet yang semakin pesat di tunjang oleh pelayanan-pelayanan berbagai situs yang menawarkan email, hosting, domain, baik yang bayar maupun yang gratis semakin memberikan warna dan kemudahan tersendiri bagi user/netter. Sehingga semakin banyak pengguna pribadi maupun instansi yang mempunyai email maupun situs di internet.

Hosting merupakan pelayanan tempat untuk menaruh file data-data web / situs yang dapat di akses 24 jam dalam sehari dan dapat di akses di seluruh dunia. Penyedia layanan ini menggunakan komputer server untuk meletakkan file-file dari orang / instansi yang menggunakan memori di hardisk komputer server tersebut untuk meletakkan datanya. Teknis penyimpanan file ke server hosting dapat di kirim dari jarak jauh yang berlainan tempat bahkan bisa antar negara asalkan terhubung jaringan internet.

Misalkan saya menggunakan hosting di US, yang penting saya tahu alamat komputer server yang digunakan untuk hosting, maka saya dapat mengirim data dari indonesia, setelah data di copi di hosting maka selanjutnya menseting filenya sehingga dapat diakses dari tempat manapun asalkan terhubung internet.

Ada beberapa penyedia jasa layanan hosting gratisan, salah satunya Yahoo Inc. dengan nama situsnya Geocities. Situs tersebut memberikan layanan hosting gratis kepada semua orang untuk dapat meletakkan file internet di komputer GeoCities. Namun namanya gratisan sehingga mempunyai batas maksimal besarnya data yang akan di letakkan ke hosting.

Kamis 23 April 2009 Yahoo Inc. mengungkapkan rencana akan menutup situs GeoCities, sebuah situs web yang di beli pada tahun 1999 seharga 3 miliar dollar AS dengan alasan untuk meningkatkan investasi pada jenis layanan lainnya. Adapun rencana penutupan akan dilakukan pada akhir tahun 2009, para pengunjung situs tersebut saat ini dapat melihat pesan yang menyatakan akun GeoCities tidak berlaku dan memberikan pilihan untuk membayar layanan hosting web Yahoo seharga 5,98 dollars AS per bulan atau sekitar Rp. 65.000,-.

Bagaimana dengan orang yang menggunakan layanan hosting Geocities yang tidak mau membayar? Tentunya tidak bisa menggunakan fasilitas hosting yang selama ini di gunakan. Mungkin hal tersebut bagi sebagian orang tidak masalah karena masih ada hosting gratisan lainnya. Namun yang perlu digarisbawahi adalah apapun yang namanya gratisan ya….pelayanannnya seadanya dan kurang di jamin

Ana rega ana rupa, Suatu barang yang mempunyai harga jual (cenderung mahal) pasti mempunyai kualitas yang lebih baik. Menurut hukum ekonomi bahwa semakin mahal harga barang maka semakin bagus kualitas barang tersebut. Sehingga kita menyadari bahwa apapun yang namanya gratisan maka kita siap untuk menerima resikonya.

Mensikapi kasus GeoCities, selayaknya kita jangan berharap banyak terhadap layanan gratisan, kita bisa dan boleh menggunakan namun jangan terlalu mengandalkan, kalau kita mempunyai situs web dan menginginkan jaminan hosting yang aman dan langgeng, maka sebaiknya menggunakan layanan yang bayar.

Jer basuki mawa beo, untuk mencapai cita-cita maka membutuhkan biaya (Ngangkasi/Ngangsu Kawruh lan Sinau).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: