Internet dan dunia maya

24 Apr

internetDunia internet merupakan medan belantara yang sangat luas dan penuh dengan aneka macam isinya dan para pengembara dan peselancar dunia maya ini. Ribuan bahkan jutaan situs belum termasuk blog yang memenuhi ruang dunia maya siap menyambut siapa saja yang mengunjunginya, bahkan orang yang tidak mempunyai niat mengunjungi bisa di giring untuk masuk ke situs atau blog.

Berbagai macam isi dunia maya bisa di cari dan diperoleh, dari yang gratisan sampai yang bayar, dari informasi sampah sampai informasi emas yang sangat berharga. Selayaknya hutan belantara yang buas dan penuh jebakan, sehingga dibutuhkan kepandaian dan pengalaman untuk seseorang yang ingin mencari informasi di internet. Internet dapat menjebak seseorang tersesat di tempat yang tidak diiginkan, internet dapat mengubah niat awal pengguna untuk mencari informasi tertentu menjadi informasi lain yang tidak sesuai.

Dalam internet di gunakan clik dari mouse untuk mengarahkan langkah atau untuk menampilkan informasi. Ada beberapa situs yang sengaja membuat alur angkah ini berputar-putar seperti sopir taxi yang membawa penumpang berkeliling melewati jalan yang memutar dan panjang dengan harapan menambah hitungan argo, kadang kembali ke tempat semula. Namun ada yang lebih parah, di samping memutar, user di tengah perjalanan di suguhi dan di iming-imingi hal-hal yang menarik dan kadang porno sehingga tujuan awal terlupakan.

Kadangkala ada beberapa situs yang memberikan pelayanan download, namun setiap kali mengclick perintah download akan muncul halanman lain yang membuat user mencari-cari perintah download kelanjutannyanya dan jika diclick lagi kadang ada yang kembali ke tempat semula, namun ada juga setelah sekian lama mengklik menemukan halaman yang tidak alamatnya, sehingga ibarat papan penunjuk arah yang membelokkan langkah demi langkah dan pada akhirnya ketemu jalan buntu.

Hal tersebut menyebabkan pemborosan di biaya, tenaga dan waktu. Ada beberapa trik agar user dapat menggunakan internet dengan baik dan efisein:

1. Tulislah dafar alamat situs yang akan Anda kunjungi

2. Catatlah materi yang akan di download atau di Upload

3. Berilah batas waktu untuk internet

4. Bacalah dengan seksama tampilan yang muncul setiap Anda memberikan perintah clik pada computer

5. Jangan mudah tergoda dengan gambar-gambar yang tiba-tiba tampil

6. Jangan mudah mengikuti tampilan-tampilan yang sengaja mengajak Anda bergabung pada group atau situs tertentu.

Jika berinternet merupakan pekerjaan yang sudah Anda lakukan setiap hari atau berinternet adalah acara Anda mengisi waktu di tempat kerja, sebaiknya di isi dengan kegiatan yang bermanfaat, misalnya mengisi Blog atau mencari informasi yang menarik dan bermanfaat bagi Anda, alangkah bijaksana untuk mengurangi kegiatan Chatting, komunikasi melalui Facebook atau friendster karena waktu yang dihabiskan tidak seimbang dengan manfaat yang diperoleh (meskipun listrik, koneksi, computer tanggungan kantor). Internet merupakan jendela dunia namun jika salah menggunakan maka tanggungan Anda sendiri (Ngangkasi).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: