FaceBook, Friendster – Sisi Lain Situs Jejaring Sosial

21 Apr

Setiap pengguna internet tidak asing dengan kedua situs tersebut, bahkan banyak yang sudah mendaftar dan menjadi anggotanya. Banyak buku-buku mengupas dan menjadi tutorial untuk menggunakan situs tersebut.

Dengan mengunakan FaceBook atau Friendster kita dapat melakukan contak dan berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia, kelebihan situs tersebut adalah adanya pengaturan data dan privasi sehingga masing-masing anggota dapat mengetahui profil orang lain juga foto-fotonya jika mereka sudah menjalin pertemanan.

Selain itu situs ini dapat menjalin komunitas berdasarkan hoby, pekerjaan, maupun untuk menjalin kembali persahabatan yang dulunya sudah pernah ada namun karena berhubung jarak dan waktu maka bisa melalui situs ini. Intinya situs tersebut banyak digunakan orang karena fungsinya sangat banyak bagi orang-orang yang suka berkomunikasi di dunia maya.

Ada satu pertanyaan yang mungkin kita rasakan, yaitu mengapa untuk menjadi anggota situs tersebut gratis? Apakah kita melihat ada iklan sponsor dalam tampilan situsnya? Dari mana pengelola situs tersebut memperoleh pendapatan? Tapi mungkin kita tidak perlu mempermasalahkan hal tersebut, yang penting kita bisa menggunakannnya dengan free dan bebas.

Anggota situs facebook dan friendster dapat menyimpan informasi pribadi berupa biodata, foto,gambar, video ke dalam situs ini, sehingga seolah-olah situs ini digunakan sebagai gudang untuk menyimpan barang-barangnya. Yang menjadi pertanyaan yaitu apakah anggota ini rela dan sadar kalau apa yang di simpan dapat di salahgunakan dan di curi oleh pihak lain?, karena pada dasarnya apa yang di simpan kedalam situs tersebut adalah bisa menjadi milik umum. Anggota tidak bisa protes jika sesuatu miliknya yang di posting di situs tersebut hilang, dieksploitasi dan disalahgunakan pihak lain.

Kita memang jangan terlalu paranoid, namun kita juga harus sadar bahwa data-data dan foto yang di posting ke FaceBook dan Friendster sepenuhnya bisa diambil dan digunakan pihak lain, sehingga kita bisa secara bijak dalam menggunakan fasilitas situs jejaring.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: