KPPS PASCA PEMILU 2009 (DI PURWOREJO)

16 Apr

pemilu1Sebagai salah satu panitia KPPS di Purworejo, penulis menanyakan sekitar penyontrengan pada teman-teman yang menjadi panitia KPPS di desa atau kecamatan lain di Purworejo. Semua KPPS yang penulis tanyakan menyelesaikan semua tahap penyontrengan diatas jam 23.00, ada yang jam 00, jam 02.00 bahkan sampai jam 03.00. Hal yang membuat lama adalah proses pembuatan berita acara dan penghitungan ulang jika terjadi selisih suara.

Hal lain yang menjadikan lamanya proses pemilu yaitu model pemberian suara dengan penyontrengan menggunakan tinta warna merah, hal ini menyulitkan panitia dan saksi untuk mencari partai atau caleg mana yang di contreng, ini terjadi pada saat penghitungan suara. Adakalanya contrengan tidak jelas jika berada pada gambar partai yang warnanya merah, atau contrengan yang kecil dan kurang jelas. Itu merupakan konsekuensi dengan adanya penyontrengan, beda dengan coblosan karena bisa terlihat dengan cara penerawangan menggunakan cahaya.

Dengan dana Rp 2.495.000, KPPS harus merencanakan dan menggunakan dana tersebut dengan cermat dan hati-hati agar proses pelaksanaan penyontrengan dapat berjalan dan selesai. Dari dana tersebut setiap panitia yang berjumlah 8 masing-masing mendapat HR bersih 188 ribu dan ketua KPPS mendapat bersih 200 ribu. Adapun lainnya untuk sewa gedung/ruang, membayar listrik, ATK, konsumsi dll. Dengan kata lain dana tersebut bisa dikatakan cukup, namun ada juga KPPS yang tombok, hal ini di karenakan perhitungan yang kurang cermat dari panitia. Bagaimana jika terjadi pengulangan ?

KPPS penulis termasuk lancar dan valid, hal ini karena setelah berita acara di serahkan sampai kecamatan, tidak mengalami koreksi. Namun ada beberapa KPPS di sekitar penulis yang mengalami koreksi, hal ini di karenakan ada selisih jumlah perhitungan, bisa terjadi pada lembar hasil perhitungan, berita acara atau kertas suara. Hal ini sangat merepotkan semua pihak, khususnya panitia KPPS, sehingga harus bekerja ekstra sampai hari senin. Padahal jika lancar jumat sudah selesai.

Ada beberapa peristiwa yang terjadi atau terungkap setelah penyontrengan, yaitu :

1. Panitia KPPS meninggal

Ini terjadi karena panitia kecapaian / keletihan , meskipun panitia tersebut memang mempunyai pengalaman penyakit. Penulis merasakan sendiri bekerja sebagai panitia KPPS memang capai, tidak hanya capai fisik namun juga pikiran, disamping adanya beban moral karena pekerjaan tersebut adalah pengabdian pada negara. Pekerjaan tersebut dapat bertambah berat jika ada tekanan dari saksi atau partai dan caleg.

Satu hal yang cukup melelahkan ketika membuat berita acara, dimana kondisi fisik dan pikiran sudah drop dan para saksi sudah menunggu untuk tanda tanggan. Kadang ada saksi yng mendesak untuk segera tanda tangan.

2. Panitia KPPS melakukan kampanye terselubung

Hal ini sangat mungkin terjadi, karena panitia mempunyai kewajiban untuk menyampaikan surat undangan ke setiap pemilih yang terdaftar, jika panitia tidak netral maka pada saat memberikan surat undangan dapat menitipkan pesan sponsor (partai atau caleg).

Penulis juga memberikan surat undangan dan menjelaskan isi dari undangan tersebut, karena para pemilih sebagian sudah tua dan tidak bisa membaca dengan jelas (tulisannya kecil), sempat ada pikiran pada penulis jika panitianya tidak netral maka sangat berbahaya bagi proses pemilu.

Pelaksanaan penyontrengan sudah selesai, jika KPPS dapat melaksanakan kewajiban dengan lancar maka suatu kebanggaan tersendiri karena itu semua adalah pengabdian, namun jika ada ada hambatan maka di samping beban moral, juga menambah biaya, tenaga, waktu dan pikiran(ngangkasi)

Satu Tanggapan to “KPPS PASCA PEMILU 2009 (DI PURWOREJO)”

  1. din April 16, 2009 pada 5:01 am #

    Iyoo uwislahhhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: