TEMPLATE BLOG

8 Apr

Semenjak blog di kenal luas, maka semakin banyak orang yang membuat blog, disamping itu buku-buku tutorial, serta pelatihan mengenai blog. Sehingga sekarang tidak cukup bisa internet, namun harus mempunyai blog. Membuat blog tidak sulit, kesulitan justru ketika content apa yang akan diisikan, tidak sedikit orang yang setelah membuat blog tidak ada materi yang diisikan ke dalam blog, alkhasil blog yang sudah di buat dibiarkan kosong atau isinya masih bawaan asli blog, (misal : hello word).

Disamping itu kita akan menjumpai banyak alamat blog ketika kita mencari sesuatu lewat search engine (google, yahoo), hal ini mengindikasikan bahwa banyak orang yang mempuyai blog di internet. Jika kita coba melihat blognya, akan terlihat isi dan tampilan blog yang bermacam-macam. Tentunya berbagai kesan terhadap isi blog, ada blog yang ingin kita buka kembali karena isinya menarik, atau ada blog yang langsung kita tutup karena isinya tidak menarik sama sekali. Bagaimana dengan isi dan tampilan Blog Anda?

Orang membuat blog mempunyai tujuan yang beda-beda, ada dari sekedar iseng, hobi atau untuk curhat, namun ada juga yang karena gengsi. Terlepas dari itu semua penulis mengklasifikasikan blog terhadap pengunjungnya, yaitu:

1. Pengunjung adalah tamu tak diundang

2. Pengunjung adalah tamu

3. Pengunjung adalah pelanggan

1. Pengungjung adalah tamu tak diundang

Blog ini menampilkan conten hanya untuk didirinya sendiri atau kelompoknya, sehingga alamat blog tidak disebar luaskan (misalkan lewat Google), jika perlu blog ini menggunakan password untuk dapat mengaksesnya, karena pengunjung asing yang masuk akan dicurigai. Dengan kondisi tersebut maka alkhasil blog ini menjadi blog yang tidak pernah di akses oleh pembuatnya atau kelompoknya.

2. Pengunjung adalah tamu

Anggapan ini dianut oleh sebagian besar blog yang ada di internet, pembuat blog sudah mencoba untuk menampilkan isi yang bisa di akses oleh pengunjung. Tentunya selain isi juga tampilan yang menarik serta fasilitas-fasilitas tambahan (buku tamu, jam, peta dsb). Namun pembuat blog juga terlalu banyak menampilkan profil-pofil pribadi, misalkan foto-foto, pengalaman, agenda. Diibaratkan ruang tamu akan tertata rapi beserta foto-foto keluarga serta piala piala dan penghargaan. Sebagus apapun ruang tamu namun akan membuat tamunya merasa asing dan berada di tempat orang lain sehingga kurang nyaman.

Untuk orang-orang tertentu blog ini cocok karena akan di lihat banyak orang, misalkan blog para artis, selebritis atau figur publik. Karena banyak orang yang ingin mengetahui kehidupan pribadi bintang pujaannya.

3. Pengunjung adalah pelanggan

Blog ini juga sudah mulai banyak, pada blog ini tampilannya cenderung sederhana namun lebih menekankan pada contentnya, biasanya contentnya berisi, bagus serta uptodate . intinya blog ini menyediakan kebutuhan orang banyak, apa yang diinginkan pengguna internet di sediakan oleh blog ini. Disamping itu blog ini tidak banyak menampilkan biodata seta foto-foto pemiliknya. Kadang ada yang tidak ada nama atau foto pemiliknya, hanya ada identitas khusus. Namun pengunjung tidak akan peduli dengan siapa pemiliknya, pengunjung lebih peduli dengan isi blognya. Diibaratkan sebuah ruang meskipun sederhana namun tampilannnya lugas dan polos tidak banyak atribut pemiliknya, serta banyak isi yang dapat di gunakan pengunjungnya, misalkan koran, majalah, TV, serta inforamsi yang banyak dibutuhkan orang.

Kalau di perhatikan situs-situs web sudah mulai mengurangi tampilan-tampilan yang kurang bermanfaat, coba lihat Yahoo, web ini sudah mengurangi tampilan-tampilannya, apalagi google, namun web tersebut banyak di kunjungi bukan karena tampilannya namun karena manfaatnya. Sekarang kembali ke Anda, blog apa yang Anda ingginkan. Kalau menginginkan blog dikunjungi banyak orang, maka jangan hanya tertuju pada template atau tampilan, namun coba isinya lebih di perhatikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: