PELAYANAN PLUS

7 Apr

Selasa 7 April saya menservis sepeda motor di salah satu bengkel resmi di Kutoarjo, seperti biasa ketika mendaftarkan motor untuk diservis, di data lalu mekanik membawa motor dan menservis motor saya, sambil menunggu saya membaca KR . selanjutnya seorang pegawai menawarkan minuman kepada saya, kebetulan yang ditawarkan teh atau kopi, namun saya minta air putih. Selama kurang lebih 45 menit motor selesai di servis. Selanjutnya selama 20 menit motor di cuci, sehingga motor sudah bersih.

Dari pengalaman di atas ada beberapa hal yang membuat beda dengan bengkel lain. Pertama mengenai minuman yang di sediakan, sedangkan yang kedua adalah penambahan cuci motor, beda dengan bengkel-bengkel yang biasa, dimana setelah di servis biasanya masih terdapat bagian yang kotor karena terkena oli dan tangan dari mekaniknya, misalkan pada bagian stang dan jok sehingga terpaksa harus di bersihkan.

Adanya pelayanan lebih akan membuat pelanggan puas dengan pelayanannya sehingga kemungkinan pelanggan tersebut akan datang kembali menggunakan jasanya. Namun perlu diingat bahwa pelayanan tambahan tersebut bermanfaat dan sifatnya tidak memberatkan pelanggan.

Masih di hari yang sama saya mengisi BBM di Pom Bensin, setelah mengisi BBM saya mencoba menggunakan fasilitas pompa angin untuk menambah udara ban motor saya yang kebetulan minim sehingga gembes, namun karena tekanan udara / kompresor nya kurang sehingga ban motor saya bukannya tambah terisi udara, namun malah tambah gembes. Dari pegawai SPBU di jelaskan bahwa tekanan udara belum dinyalakan, dengan terpaksa saya memompa di bengkel yang cukup jauh.

Pengalaman di atas terjadi karena fasilitas tambahan yang tersedia kurang mendapat perhatian dari pengelola, bagaimana jika yang menggunakan orang dari luar kota yang bepergian jauh. Tentunya kasihan karena tidak mengenal daerah.

Pelayanan plus memang selayaknya di terapkan pada penjualan, baik penjualan barang maupun penjualan jasa, hal ini disamping untuk memberikan pelayanan yang lebih juga untuk meningkatkan nilai penjualan. Masih banyak jenis-jenis penjualan yang masih kurang memperhatikan kepuasan pelanggan. Di tengah kompetisi yang semakin ketat, sebaiknya pelayanan plus di terapkan untuk menaikkan omzet penjualan.

Tinggalkan Balasan

