KUTOARJO JE’

7 Apr

cimg00131Kutoarjo merupakan kota kecamatan yang secara administratif masuk daerah kabupaten Purworejo. Secara geografis Kutoarjo terletak di sebelah barat kota Purworejo, meskipun kota kecamatan, namun Kutoarjo tidak kalah ramai dengan kota Purworejo, hal ini karena Kutoarjo dilalui jalur selatan yang membelah kota Kutoarjo. Disamping itu kutoarjo merupakan persimpangan menuju kecamatan Grabak untuk arah selatan, arah barat kecamatan Butuh, sedangkan arah utara menuju kecamatan Kemiri, Bruno dan Pituruh. Sehingga pusat perekonomian untuk kabupaten Purworejo bagian barat berpusat di kutoarjo.

Satu hal lagi yang membuat kutoarjo lebih ramai dari kota Purworejo adalah setiap kendaraan yang lewat jalur selatan melintas dalam kota , sedangkan kota purworejo tidak semua kendaraan lewat, karena sebagian lewat jalur lingkar utara dan lingkar selatan. Disamping itu Kutoarjo mempunyai stasiun Kereta api yang merupakan stasiun utama di kabupaten Purworejo. Stasiun ini termasuk stasiun yang besar karena selain untuk menaikkan dan menurunkan penumpang KA ekonomi dan Bisnis, juga KA eksekutif

Secara perekonomian kutoarjo tidak kalah dengan kota Purworejo, ini bisa dilihat dari keramaian warung-warung dan toko-toko yang ada. Untuk warung-warung tenda yang mangkal di sekitar alun-alun Kutoarjo buka dari sore hingga pagi hari, disamping itu standar harga kebutuhan pokok, sewa tempat dan harga tanah cenderung lebih tinggi di kutoarjo. Sehingga standar hidup di kutoarjo lebih tinggi dibandingkan kota Purworejo.

Pusat perekonomian kutoarjo yaitu pasar kutoarjo yang terdiri dari dua lantai, dan masih ada pasar lainnya yaitu pasar burung dan barang bekas yang berada di pasar utama serta pasar yang berada di bekas pasar hewan. Di Kota kutoarjo terdapat enam minimarket yang terdiri dari Alfamart dan Indomart. Keramaian kutoarjo pada siang hari berada di pasar utama dan sekitar pasar utama yaitu daerah pecinan, sedangkan pada malam hari berada di sekitar alun-alun Kutoarjo.

Jika di perhatikan kota Kutoarjo secara letaknya adalah memanjang dari barat ke timur, di mulai dari jembatan Kalianyar sampai jembatan Kali Jali. Utara kota adalah perbukitan yang dikenal dengan nama gunung Tugel, selatan kota terdapat rel kereta api. Sehingga tempat-tempat yang ada di kota Kutoarjo mudah untuk di jangkau karena dilewati jalur-jalur kendaraan umum.

Untuk jalur transportasi menuju kutoarjo sangat mudah, jika menggunakan KA bisa turun di sta. Kutoarjo. Jika menggunakan bis bisa turun di terminal kutoarjo, atau sepanjang kota kutoarjo, jika menggunakan pesawat bisa transit di bandara Adisucipto yogyakarta dan menuju kutoarjo menggunakan KA pramek langsung dari bandara dengan waktu tempuh 60 menit. (Bersambung)

4 Tanggapan to “KUTOARJO JE’”

  1. din April 7, 2009 pada 11:57 am #

    Tapi Bedugnya yang besar, Musium Wesi aji dll ada di Purworejo heee

  2. tuti Januari 24, 2010 pada 7:39 am #

    lo kalian ad di alun2 kutoarjo du2k aj di bwh poon bringin yg ad di tengah alun2 di jamin adeeeeeeeeeem bgt.palagi lo ma cowo’t……..hehehe……..

  3. tuti Januari 24, 2010 pada 7:41 am #

    aq pernah mampir sholat di masjd ini,nasjid’ bner2 bersih.

  4. Fandy Ricky Ramadhani Mei 1, 2016 pada 2:56 pm #

    Nek sejarahe…malah Kutoarjo biyene kabupaten dhisik, ono sebabe njur malah dipindah nyang Purworejo…patilasane sing isih nang Semawung lan deso Butuh….malah jarene keluarga kraton Jogja isih sowan ke tempat petilasan iku…monggo golek sumber sejarah Kutoarjo…mantep kepahlawanane pini sepuh Kutoarjo lho…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: