VISUAL DELPHI

4 Apr

Visual delphi merupakan bahasa pemrograman under Windows yang berasal dari pengembangan bahasa pemrograman Pascal. Sampai sekarang sudah banyak digunakan visual delphi versi 7. Bahasa delphi terkenal dengan kode programnya yang sangat terstruktur, sehingga programer harus sangat teliti dalam menulis kode program. Bahasa delphi banyak di gunakan untuk membuat program-program aplikasi yang banyak beredar, misalkan sistem informasi-sistem informasi yang berbasis pengolahan data.

Dibandingkan dengan visual basic, visual C atau Visual Foxpro, delphi cenderung memakai memori yang lebih banyak sehinga cenderung lebih lambat. Disamping itu content tampilan dari delphi lebih lengkap sehingga cukup membuat pusing jika pertama kali membuka tampilan delphi. Banyak buku-buku tentang delphi yang mengulas belajar pemrograman delphi, namun sedikit buku yang membahas langkah-langkah membuat program secara runtut dari tingkat dasar sampai tingkat menengah atau mahir.

Pengalaman penulis mengajar delphi menunjukkan bahwa rata-rata kesulitan memprogram menggunakan delphi adalah pertama pada saat awal, yaitu pada saat pengenalan delphi, kedua pada faktor spesifikasi komputer, jika komputer yang digunakan dibawah P2 maka akan terasa sangat lambat. Untuk belajar delphi sebaiknya memahami dasar-dasar pemrograman delphi, yaitu dengat mengenal dan memahami :

1. Project

2. Form

3. Unit

Adapun penjelasan dari masing-masing diatas adalah (Penjelasan dalam bentuk logika dan fungsi, bukan definisi)

1.Project

Project merupakan tempat untuk meletakkan form dan unit, semua form dan unit harus diletakkan dalam satu project sehingga form dan unit dapat di jalankan/RUN atau saling dihubungkan. Project juga bisa diartikan cikal-bakalnya aplikasi, sehingga jika membuat sebuah program aplikasi, maka cukup menggunakan satu project. Sedangkan Form dan unit bisa lebih dari satu (misal 10)

2. Form

Form merupakan tempat untuk merancang masukan atau tampilan program secara visual, programer cukup merancang tampilan form menggunakan componen-komponen yang sudah ada dan mengaturnya melalui object inspector. Yang perlu diperhatikan bahwa form harus dimasukan dalam project, jika tidak maka fom tersebut tidak bisa di Run.

  1. Unit

Unit merupakan editor untuk menuliskan kode program, antara form dan unit saling berpasangan, artinya setiap form mempunyai unit , misal Form1 maka ada unit1 . Delphi secara otomatis yang mengatur hal ini. Untuk memasukkan kode program ada beberapa cara, untuk pemula maka sebaikknya mengklik 2 x pada bagian yang akan di beri kode program, misal pada salah satu tombol. Maka otomatis akan masuk ke editor (unit) dan akan terlihat kursor di bawah tulisan begin dan di atas end; maka tuliskan kode programnya.

gb_artikeldelphi_1

Dalam menuliskan kode program yang perlu di perhatikan adalah :

  1. Jangan menulis kode program pada editor project
  2. Jangan menambah atau menghapus kode program yang ada di editor project
  3. Jika terjadi kesalahan pada editor project, maka tanda-tanda kesalahan pengaturan form dan unit pada project, bukan kesalahan kode program, warning

Disamping itu harus paham perintah-perintah pada menu File , diantaranya :

1. New

2. Open

3. Open Project

4. reopen project

5. Save

6. Save as

7. Save Project

8. Save all

9. Close

10. Close All

Selanjutnyan untuk penjelasan menu File adalah (Penjelasan dalam bentuk logika dan fungsi, bukan definisi)

1. New

Perintah ini untuk memulai file baru, jika pertama kali Anda membuat aplikasi baru maka pilih Aplication, maka akan muncul sebuah project, form dan unit, tapi jika Anda sudah punya project , form dan unit , maka jika akan menambahkan cukup pilih new form . Namun banyak kesalahan yang sering terjadi disini , yaitu :

a. Jika belum mempunyai projet/aplikasi, Anda memilih new Form, maka form tersebut tidak bisa dijalankan/run.

b. Jika anda sudah mempunyai project/aplikasi, memilih new aplication, maka akan muncul project baru yang tidak bisa saling berhubungan. Sehingga program anda berdiri sendiri.

gb_artikeldelphi_2

1. Open

Perintah ini untuk membuka file, jika perintah ini digunakan maka akan muncul semua file,baik berupa project maupun unit, sehingga kurang spesifik,jika Anda belum begitu paham maka sebaiknya gunakan perintah open project atau Reopen project

2. Open Project

Perintah ini khusus untuk membuka project, sehingga yang tampil di jendela open hanya nama file project, jika project yang di buka maka semua isi project(form , unit) akan ditampilkan

3. Reopen Project

Perintah ini untuk mempercepat membuka project, secara otomatis akan ditampilkan daftar project yang sudah pernah dibuka dalam urutan penggunaan.

4. Save

Perintah save digunakan untuk menyimpan form yang dalam posisi aktif atau klik, sehingga jika ada beberapa form yang aktif sekaligus dan melakukan penyimpanan menggunakan save maka hanya form yang aktif yang disimpan. Sehingga jika keluar aplikasi/project maka akan muncul konfirmasi penyimpanan lagi, jika anda belum paham maka akan binggung.

5. Save as

Perintah ini untuk menyimpan kembali form yang aktif ke nama yang beda. Sehingga jika anda tidak berniat menyimpan dengan nama yang beda jangan menggunakan menu save as

6. Save all

Perintah ini untuk menyimpan semua project dan form yang belum disimpan, sehingga jika ada beberapa form yang belum disimpan maka akan mencul beberapa kali jendela save meskipun anda sudah menekan tombol save/ok. Sebaikknya jika anda menggunakan perintah ini harus paham posisi form yang akan disimpan sehingga tidak tertukar namanya.

7. Save Project

Perintah ini hanya untuk menyimpan project

Dalam penyimpanan setiap form dan unit (berpasangan)hanya satu kali penyimpanan /atau satu yang disimpan, yaitu unit sedangkan from otomatis akan tersimpan (namun kalau dilihat di file akan muncul dua file, misal namanya latihan, maka akan muncul latihan.pas dan latihan.frm )

8. Close

Perintah ini untuk menutup form yang aktif, sehingga jika ada beberapa form yang muncul di layar dan anda menggunakan perintah close, maka hanya satu form yang ditutup.

9. Close All

Perintah ini untuk menutup semua form dan project secara sekaligus, sehingga sangat cocok untuk mengakhiri delphi sebelum keluar dari delphi.

Masih banyak pembahasan tentang delphi (bersambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: