KAPAN KITA HIDUP ?

3 Apr

Semua manusia yang tinggal di dunia mempunyai waktu 24 jam dalam sehari, tujuh hari dalam seminggu. Tak seorangpun yang waktunya lebih sedikit atau lebih banyak dalam hitungan hari dan minggu. Secara alamiah manusia dilahirkan lalu tumbuh menjadi anak-anak, remaja, dewasa, tua lalu wafat. Untuk orang indonesia rata-rata usia 70 tahun sudah termasuk tua, dan jarang sampai usia 100 tahun, artinya masa hidup didunia kurang lebih 80 tahun.

Berapapun usia anda saat ini, tentunya Anda mempunyai masa lalu atau masa silam yang sudah berlalu dan tidak mungkin kembali. Beragam kenangan yang sudah kita alami, mungkin kenangan yang manis atau pahit, senang susah, sedih gembira, sehingga mungkin ada yang ingin kembali ke masa silam atau bahkan akan mengubur masa silam secara dalam. Sebaliknya kita juga mempunyai harapan di masa depan, harapan yang berupa cita-cita, keinginan, sehingga ada yang optimis menatap masa depan, namun ada yang pasrah akan masa depan.

Ada hal yang perlu kita sadari dan perhatikan bahwa antara masa lalu dan masa depan adalah sekarang, saat ini jam ini dan detik ini. Mungkin kita mempunyai kesulitan atau musibah di masa lalu dan menatap masa depan dengan suram karena melihat kesulitan yang siap menghadang. Alangkah berat beban kita jika saat ini detik ini harus memikul beban masalah masa lalu, sekarang dan besok. Cukuplah masalah saat ini yang kita pikul, biarlah masalah yang lalu lenyap ditelan bumi dan lupakan semua. Begitu pula masalah besok, biarlah kita hadapi besok, karena tiap waktu ada masalahnya sendiri-sendiri.

Ingatlah ketika kita kecil, kita bercita-cita menjadi orang yang kita inginkan, kita mau melakukan sesuatu namun belum boleh karena belum dewasa, sehingga kita ingin jadi dewasa , namun bagaiman sekarang, apakah ada keinginan untuk kembali ke masa kanak-kanak, atau ada keinginan anda yang belum terercapai karena terhalang usia. Mengapa kita hidup di masa silam atau justru membayangkan hidup di masa depan. Jangalah lupa bahwa sekarang kita hidup. Masa depan adalah saat ini yang sedang terjadi. Jadi kapan kita hidup? Saat ini….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: