PRAMEKS

31 Mar

Kereta Api (KA) merupakan salah satu transportasi darat yang selama ini dikenal sebagai angkutan rakyat. Hal ini tidak lepas dari peran KA yang banyak digunakan oleh masyarakat golongan menengah kebawah. Dibandingkan dengan Bus, tarif KA memang lebih murah. Meskipun KA kalau dilihat dari tarifnya dapat dibedakan menjadi tiga yaitu kelas ekonomi, kelas bisnis, dan kelas eksekutif. Kelas bisnis termasuk kelas yang menengah karena tarifnya lebih mahal dibandingkan dengan kelas ekonomi, sedangkan kelas eksekutif merupakan KA yang paling mahal karena disamping kecepatan juga pelayanannya lebih baik.

KA dibandingkan dengan angkutan darat lainnya, misalkan bus, travel mempunyai beberapa kelebihan yaitu waktunya dapat diprediksi, tidak mengalami kemacetan, lebih nyaman,namun kekekurangannya adalah keamanan dari pencurian dan copet, tapi bagaimanapun juga tergantung dari jenis/kelas dari KA dan bus atau travel, namun setiap orang mempunyai kesukaan yang beda-beda tentang angkutan darat.

Prambanan Ekspres atau lebih dikenal Prameks adalah kereta yang beroperasi dari Solo, Yogyakarta sampai Kutoarjo. Sejak dioperasikannya rel Ganda dari Stasiun Kutoarjo sampai Stasiun Tugu Yogyakarta, maka KA pramek yang dulunya hanya melayani trayek Solo yogyakarta, sejak agustus 2007 memperluas jangkauannya sampai stasiun Kutoarjo. Jadual pemberangkatan dari stasiun kutoarjo sebanyak empat kali yaitu pagi pukul 05.50 , 09.00, sore 15.00 dan 17.50 disamping itu kedatangannya juga empat kali. Selain di stasiun kutoarjo, KA pramek juga berhenti di stasiun Jenar kec. Purwodadi.

Dengan waktu tempuh 60 menit sampai Yogyakarta dan 120 menit sampai Surakarta, KA pramek merupakan salah satu idola angkutan darat masyarakat purworejo, karena disamping nyaman, aman cepat serta murah dibandingkan dengan naik bus, bahkan banyak penumpang dari Kebumen, mereka biasanya naik dari stasiun Kutoarjo. Untuk hari-hari biasa penumpang KA Prameks penuh namun masih tetap bisa duduk, namun jika hari libur atau minggu biasanya penuh dan terpaksa berdiri.

Kalau diamati penumpangnya antara pagi ketika berangkat dari stasiun Kutoarjo dengan penumpan sore ketika dari Yogyakarta menuju kutoarjo, penumpangnya sama. Hal ini menandakan bahwa ka pramek digunakan oleh orang yang bepergian dalam waktu sebentar(satu hari), biasanya mereka belanja ke Jogja atau jalan-jalan disamping itu ada orang yang ‘nglaju’.

Nilai positif dari KA pramek adalah menambah keramaian stasiun Kutoarjo dan Jenar, hal ini menaikkan perekonomian di sekitarnya, baik angkutan, jasa penitipan serta penjual makanan, disampin itu akses kutoarjo-Yogyakarta-Solo semakin cepat ikut mendongkrak perekonomian purworejo (Catatan: jika ini dimanfaatkan secara baik), Banyak orang purworejo yang kulakan di Yogyakarta dan Solo. Bagaimanapun juga masyarakat Purworejo lebih tahu dan mengenal akan Yogyakarta dan Solo sejak beroperasinya KA Pramek.

Bagaimana dengan Bus-Bus yang melewati rute Kutoarjo-Purworejo-Yogyakarta? Kalau di hitung secara matematika tentunya bus-bus mengalami penurunan jumlah penumpang, namun sampai sekarang belum ada keluhan secara nyata dari mereka(demo,protes), karena bagaimanapun juga bus bus berangkat dan datang setiap saat tidak berpathokan pada jam, beda dengan KA

Smoga dengan adanya KA Prameks dapat dimanfaatkan secara bijak dan positif, kita dapat merencanakan usaha, mengembangkan usaha, sekolah, kuliah atau bekerja. Hal ini karena semakin cepatnya waktu tempuh dari kutoarjo ke Yogya dan Solo.

3 Tanggapan to “PRAMEKS”

  1. din Maret 31, 2009 pada 11:56 am #

    Perubahan itu pasti jadi ya begilah dunia

    Secara ekonomi akan sangat menguntungkan semua wilayah baik Kutoarjo, Purworejo, Yogjakarta , Solo dan sekitarnya.

    Tetapi secara alami Ekonomi akan mengalir dari wilayah Plus (+) ke wilayah Minus(-)

    Semoga bermanfaat Trim.

  2. rumahminimals April 2, 2016 pada 3:15 pm #

    Sampai saat ini kereta prameks masih sangat digemari oleh masyarakat, saya juga salah satunya, disamping murah dan lebih cepat dibandingan menggunakan bis.

  3. househomedecor Juni 9, 2016 pada 9:24 pm #

    alhmdllh ka pramek smpai saat ini masih beroprasi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: