TROUBLE CHARGING HP

25 Mar

Kemampuan lamanya Handphone (HP) untuk terus menyala / posisi on tergantung dari batere dan penggunaan HP, semakin sering digunakan untuk menelepon atau menerima telepon akan mempercepat arus batere habis. Beda dengan HP yang nyala pada posisi stand by (tidak digunakan). Namun jika arus batere habis tidaklah masalah jika masih bisa untuk mencharging. Hal ini jika kita masih berada di rumah atau tempat kerja. Namun adakalanya trouble terjadi pada saat charging, hal ini ditandai dengan arus tidak bisa masuk ke batere.

Jika hal ini terjadi tentunya kita kelabakan karena jika batere habis dayanya berarti kita tidak bisa menggunakan HP, jika hal ini terjadi, maka hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah:

1. Alat charging yang digunakan di coba untuk charging HP lain, jika teryata masih tidak bisa, kemungkinan kerusakan pada alat charging. Jika bisa berarti HP nya(terus ke langkah 2)

2. Ganti batere hp dengan batere yang sejenis, lalu lakukan Charging kembali, lihat reasksinya. Jika masih tidak bisa berarti Hpnya kemungkinan trouble.

3. Amati konektor HP yang mengubungkan dengan batere, jika ada yang tidak normal(patah) kemungkinan kerusakan pada konektor tersebut.

4. Cek Plug in (yang menghubungkan Charging dengan HP)dengan mengganti Plug in dengan plug In yang lain dan sejenis, Jika masih normal maka kemungkinan terjadi pada jalur charging

5. Gunakan panduan buku jalur dan sesuaikan dengan merek dan tipe Hpnya

6. Cek komponen-komponen sesuai buku jalurnya.

Berdasarkan pengalaman ketika HP trouble di Charging , biasanya terjadi karena plug in yang rusak sehingga harus menggantinya (plug ini merupakan peralatan eksternal sehingga mudah untuk mengganti, namun ada beberapa HP yang terpaksa untuk menganti Plug in dengan solder karena menyatu dengan bord), jarang kerusakan sampai AC Charging. Kalau kerusakan sampai IC maka terpaksa harus diganti /blower.

Satu hal yang perlu diperhatika jika HP rusak maka cek kerusakannya dengan asumsi yang paling ringan, jangan langsung membongkar HP, Orang yang sudah berpengalaman biasanya akan melakukan hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: