TROUBLE PADA SPEAKER HANDPHONE

24 Mar

Suatu hari datang orang yang minta tolong menservis Handphone(HP) Nokia dengan keluhan jika untuk menelepon tidak ada suara hanya terdengar suara kemresek yang memekakkan telingga, seperti biasa pengecekan dilakukan pada hal-hal yang ringan yaitu mencoba menghubungi pelayanan kartu SIM yang kebetulan nomernya adalah AS sehingga cukup menekan 888. Selanjutnya terdengar suara kemresek ‘ngiiing’ , selanjutnya coba di telpon dan diterima juga masih terdengar suara kemresek.

Analisa pertama speaker masih aktif dan jalur ke speker masih terhubung. Dari hal tersebut diasumsikan speaker mengalami gangguan/rusak. Mengingat kerusakannya pada speaker yang notabenenya adalah kerusakan eksternal, sehingga sudah ada bayangan kalau mudah di perbaiki. Selanjutnya casing dibuka dan speaker di lepas dan di cek dan dibersihkan dari kotoran, disamping itu jalur yang menempel speaker di bord hp juga dibersihkan. Selanjutnya speaker dipasang lagi dan di coba, ternyata speaker sudah normal dan muncul suara.

Dari uraian di atas sebenarnya terjadi hambatan dari bord HP ke speaker, hal ini terjadi bisa karena ada kotoran atau dudukan speaker tergeser. Hal ini terjadi karena HP terkena air, bisa kemungkinan jatuh, terinjak atau terbentur benda keras. Untuk melakukan perbaikan HP sebaiknya melakukan langkah :

1. Langkah pertama adalah menganalisa tentang erusakan HP

2. Lakukan pengecekan pada hal-hal yang kecil dan sepele, jangan langsung membuka casing apalagi membongkarnya.

3. Jika harus membongkar hati-hati dan perhatikan secara cermat di dalam casing sebelum memisahkan antar bagian, karena kadang ada kabel bekas jumper yang melintang, hal ini bisanya terjadi pada HP yang pernah diservis( ini bisa sebagai jebakan untuk orang yang membuka casing)

4. Fokuskan pada alat yang rusak, jika melihat di dalam bord terdapat bekas jumper, solder yang baru, atau bekas di blower, maka lebih hati-hati karena menandakan HP tersebut pernah diservis sebelumnya. Dan kemungkinan kerusakan ada kaitannya dengan hal tersebut.

5. Bersihkan pada bagian yang rusak lalu coba pasang (tidak haru dipasang semua ), lalu coba lakukan pengujian. Jika sudah beres dan normal maka pasang semua komponen seperti semula

6. Jika kerusakaannya belum ketemu gunakan kaca pembesar untuk melihat komponen yang rumit serta coba lakukan pengetesan jalur dengan panduan gambar jalur HP (banyak di internet)

Jika belum ketemu kerusakaannya, jangan terburu-buru melakukan perbaikan lebih baik coba cari-cari solusinya di internet atau software panduan HP (jika punya). Prinsipnya untuk memperbaiki HP harus hati-hati dan jeli karena komponen HP sangat kecil dan rumit, Jika kita salah menservis bisa –bisa HP jadi parah dan bisa vatal (bersambung — tip-tip ringan perbaikan HP).

Satu Tanggapan to “TROUBLE PADA SPEAKER HANDPHONE”

  1. kode rahasia handphone Juni 9, 2012 pada 5:47 am #

    Sip sip sip gan, terima kasih. Jelas banget tutorialnya…..salam kenal gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: