HANDPHONE ANDA RUSAK !!!!

23 Mar

Handphone atau disingkat HP merupakan alat komunikasi yang sudah banyak digunakan, baik oleh orang dewasa maupun oleh anak-anak. Setiap saat muncul HP dengan vitur-vitur terbaru yang menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan. Kalau kita perhatikan pada majalah atau surat kabar khusus HP misalkan PULSA yang terbit tiap dua minggu, makan banyak memberitakan keluaran HP terbaru dengan berbagai spersifikasinya. Sehingga begitu cepatnya HP yang tadinya masih teknologi baru, sekarang sudah menjadi HP JADUL (jaman dulu)

Diantara kita tentunya telah mengalami HPnya rusak, jika ini terjadi efeknya sangat berpengaruh terhadap kita, coba bayangkan sehari tidak pegang HP atau HP nya mati, apa yang Anda rasakan? . Kalau dilihat dari kerusakan Hp dapat dibedakan menjadi dua yaitu kerusakan internal dan kerusakan eksternal.

Kerusakan eksternal yaitu kerusakan yang terjadi pada bagian luar dari Bord utama (kalau computer istilahnya motherboard). Kerusakan ini misalkan speaker, on of, lcd, key ped, plug in(untuk chass) dsb. Kerusakan ini bisanya terjadi karena kotor, tidak kencang, tidak pas dudukannya atau memang spare partnya rusak. Ini bisa disebabkan karena HP yang jatuh, tertindih barang berat terkena kotoran, air dsb.

Keruskan internal yaitu kerusakan yang terjadi pada bagian Bord, misalkan pada IC-IC nya , RF,jalur yang putus. Kerusakan ini relative sulit diperbaiki, karena pertama dibutuhkan kejelian untuk mencari kerusakaannya, yang kedua biasanya terbentur pada spare part yang sulit dicari. Hal ini biasanya harus kanibal dari HP lain yang sejenis.

Apakah sulit memperbaiki HP yang rusak? Ini relative , tentunya harus mempunyai dasar berupa pemahaman tentang komponen HP, namun biasanya jika HPnya tiba-tiba MATOT (mati total) kadang kita grogi atau cemas, karena kita tidak tahu kerusakaanya. Untuk mengetahui kerusakan HP memang ada alat yang biasa digunakan salah satunya power Supply, Namun jika kita mengalami HPnya matot coba ikuti langkah-langkah berikut:

1. Ganti batere dengan batere yang sejenis, karena sering terjadi HP mati karena baterenya drop, (kadang baterenya baru)

2. Cek on of nya(kalau nokia bisanya ada bunyi klik). Jika ternyata tetap mati ya dibawa ketempat servis jika Anda tidak berani membuka casingnya.

Masih ada kerusakan-kerusakan lainnya yang bisanya sering terjadi yang kadang masalah dan solusinya mudah: misalkan lcd mati, tidak ada siyal, speker tidak ada bunyinnya, keyped tidak fungsi, tidak bisa chass batere, jika telpon suara tidak terdengar di pihak lawan bicara, tidak bisa sms, dsb. (bsesambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: