BANJIR

23 Mar

Belakangan ini banyak pemberitaan mengenai terjadinya banjir, baik di kota seperti Jakarta, Bandung , semarang maupun di desa-desa misalkan di jawa timur karena meluapnya sungai bengawan solo. Meskipun saat ini berita banjir agak tenggelam dengan adanya berita kampaye, namun masih tetap ada, hal ini menandakan bahwa banjir sudah merata di berbagai wilayah Indonesia.

Ada ironi dalam bencana banjir yang seolah olah banjir merupakan rutinitas yang biasa terjadi setiap musim penghujan, sehingga warga yang tinggal didaerah yang langganan banjir sudah mengantisipasi terjadinya bencana. Namun ada kecendrungan kalau banjir setiap tahun semakin parah atau meningkat ketinggiannya.

Sebenarnya salah siapa? Banjir pasti terjadi tiap tahun. Tulisan ini tidak memojokkan salah satu pihak yang berperan terjadinya banjir. Namun mencoba mengkritisi bagaimana peran diri kita masing-masing sehingga banjir terjadi. Seringkali kita lihat saluran-saluran air di sekitar kita yang tersumbat karena banyaknya sampah yang menumpuk. Apakah kita sudah disiplin untuk membuang sampah pada tempatnya?

Budaya membuang sampah pada tempatnya memang masih rendah, namun jangan lupa tempat sampah yang sudah menggunung perlu di pindah isinya, jangan sampai kita terus menambah tampungannya. Budaya tersebut sederhana namun coba kalau kita bisa membiasakan kebiasaan tersebut, membudayakan lingkungan yang bersih dan rapi.

Perhatikan saluran air yang ada di sekitar Anda, mungkin ada kita perlu memberbaiki karena sudah rusak , atau perlu mengeruk jika perlu, jangan lupa peran pepohonan juga sangat penting, karena dengan keadaan tanah yang kosong juga menyebabkan erosi yang membawa tanah yang akan menambah muatan air. Disamping itu perlu adanya resapan air untuk menampung air hujan, mungkin kita terbiasa tanah yang di plester, padahal ini menyebabkan air tidak meresap(bsesambung).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: