KOMPUTERKU TROUBLE…….GIMANA NIH ?

21 Mar

Suatu pekerjaan yang berjalan lancar membuat kita lebih enjoy mengerjakannnya apalagi jika hasil yang didapatkannya sesuai keinginan atau bahkan melebihi target, pekerjaan yang lancar biasanya didukung sarana dan prasarana yang memadai. Komputer merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk untuk membantu pekerjaan manusia, biasanya untuk mengolah kata(menulis dan surat menyurat) mengolah angka dan table, menggambar, mengirim email,internet dll.

Dalam penggunaan komputer, kadang mengalami gangguan atau trouble yang menghambat pekerjaan kita. Tentunya masalah komputer yang muncul akan memperlambat pekerjaan kita, namun tindakan kita setelah munculnya masalah tersebut akan menentukan apakah pekerjaan semakin lambat atau bisa di percepat kembali (dengan teratasinya masalah komputer)

Ketika komputer mengalami masalah/trouble, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa sebabnya apa komputer tersebut trouble. Ini adalah hal mendasar yang harus kita pahami, karena tindakan yang dilakukan jika kita belum mengetahui sebabnya justru akan memperparah kerusakaannya. Kerusakan yang paling sering adalah :

1. Komputer matot (mati total)

Jika hal ini terjadi, coba cek aliran listrik dengan menyalakan lampu ruangan, jika ternyata menyala coba cek terminal dimana kabel dari komputer di ‘colokkan’. Untuk mengecek bisa gunakan tespen atau dengan menyalakan peralatan elektronik menggunakan terminal tersebut.

Jikas ternyata terminal tidak ok, maka cek kabel yang menuju ke komputer. Untuk mengecek kabel bisa dengan mengencangkan atau mengganti kabel lain atau menggunaka tespen.

Banyak kejadian komputer mati karena listrik tidak bisa mengalir alias kabel atau penancapannya tidak kencang.

Bagaimana jika ternyata listrik ok, kabel ok? Berarti kemungkinan trouble di komputer.

2. Monitor mati

Ada dua kabel yang menancap ke monitor, pertama kabel data yang berfungsi mengalirkan data dari komputer ke monitor, kedua kabel arus listrik yang berfungsi sebagai arus listrik, coba cek lampu kecil yang ada di monitor. Jika mati maka tekan tombol lampu, jika masih mati maka kemungkinan arus listrik tidak masuk ke monitor, cek kabel arus listrik.

Jika lampunya nyala tapi tidak muncul gambar di monitor, maka cek kabel data coba kencangkan, jika masih mati maka kemungkinan di VGA card di dalam CPU

(no 1 dan dua sifatnya kerusakan ringan, no 3 dst kerusakan yang cukup sulit sehingga dibutuhkan ketrampilan khusus)

3. Tidak masuk ke SO

Biasanya tidak bisa mendeteksi hardisk, coba masuk ke BIOS…(bersambung)

2 Tanggapan to “KOMPUTERKU TROUBLE…….GIMANA NIH ?”

Trackbacks/Pingbacks

  1. komputer « Rngangkasi’s Blog - Maret 22, 2009

    […] By rngangkasi Suatu pekerjaan yang berjalan lancar membuat kita lebih enjoy mengerjakannnya apalagi jika hasil yang didapatkannya […]

  2. komputer « Rngangkasi’s Blog - Maret 22, 2009

    […] komputer By rngangkasi Suatu pekerjaan yang berjalan lancar membuat kita lebih enjoy mengerjakannnya apalagi jika hasil yang didapatkannya sesuai keinginan atau bahkan melebihi target, pekerjaan yang lancar biasanya didukung sarana dan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: