MENGINSTAL DAN MEMASAK

20 Mar

Apakah menginstal? apa bedanya dengan mengcopy? Menginstal sama seperti memasak sayur, dimana bahan bahan yang diperlukan dipersiapkan, diantaranya air, sayur-mayur, garam, bawang, mrica, lombok, penyedap rasa dll. Bahan bahan tersebut di campur sesuai dengan urutan tergantung sayur apa yang dimasak. Ketika sudah masak dan menjadi sayur yang siap saji, coba anda cari di sayur tersebut mana garamnya, bawang, atau lainnya. Semua sudah menyatu menjadi sayur.

Menginstal juga hampir sama dengan memasak, karena software hasil intalasi sudah menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisah. Dan hasil intalasinya beda dengan file-file yang belum diinstal. Sedangkan mengcopy adalah menduplikat file, sehingga hasil mengcopy sama dengan file yang dicopy.

Sering orang bertanya bagaimana cara menginstal? untuk menginstal pada prinsipnya sama caranya hanya langkah-langkahnya beda tergantung apa yang akan diinstal. Pada umumnya untuk memulai menginstal jalankan file aplikasi, biasanya bernama setup.exe, atau instal.exe, selanjutnya akan berjalan step by step , user tinggal mengklik tombol next. Adakalanya software yang minta cdkey untuk intalasinya, misalkan windows, office, dan software-software yang memakai memori yang besar.

Dalam instalasi kadang muncul masalah-masalah yang membuat proses instalasi menjadi lama atau bahkan gagal. Ada beberapa sebab, diantaranya :

1. File Corrupt/tidak lengkap

Adakalanya file sumber yang mau diinstal tidak lengkap, ini bisa terjadi kalau karena terhapus, proses download yang belum sempurna, terkena virus, atau dari sumbernya memang tidak komplit.

2. File tidak mau jalan/dioperasikan

Hal ini bisa karena spesifikasi komputer yang tidak sesuai(RAM, VGA, atau sistem operasi) bisa juga file sumber terkena virus

3. Instalasinya tidak sempurna

Biasanya ada file yang hilang

4. Hang

Ini kejadian yang cukup menyebalkan, hal ini terjadi bisa karena file sumber yang trouble (CD kotor/jika sumber dari CD)RAM yang kurang mendukung, atau terlalu banyak program yang dijalankan pada saat instalasinya.

5. Listrik Padam

Meskipun ini jarang terjadi namun jika terjadi terpaksa mengulang dari awal

6. Tidak ada Cdkey

Ini bisa terjadi jika cdkey nya lupa atau tidak ketemu di cari

7. Gangguan Hardware

Misalkan RAM yang mau rusak, atau tidak sesuai, hardisk yang sudah tersendat-sendat sehingga berbunyai ‘ngik-ngik’

8. Dll.

Kadang sulit menjelaskan cara menginstal jika tanpa praktik langsung karena ada kejadian-kejadian yang sifatnya teknis dan beda, karena komputer yang digunakan bisa berbeda, kadang cara penyelesaiannya dengan ‘insting’ atau logika yang biasanya muncul karena kebiasaan atau jam terbang dalam menggunakan komputer.

Apakah software hasil intalasi dapat di copy ke drive atau komputer lain dan digunakan?…..(bersambung)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: