VIRUS….

19 Mar

Keberadaan computer sangat membantu pekerjaan manusia, karena computer deprogram untuk mempermudah pekerjaan manusia, kalau dilihat peran computer dalam membantu manusia, bisa dikatakan kalau saat sekarang manusia tidak bisa lepas dari computer. Hal ini disebabkan bahasa computer sudah semakin canggih, dimana manusia dapat berkomunikasi dengan computer hanya dengan perangkat seperti mouse dan keyboard dengan tampilan grafis yang menarik dan user friendly. Dibandingkan computer era -80 yang masih berbasis teks yang relative sulit dipahami manusia.

Pada sisi lain pada hakekatnya manusia semakin jauh dengan computer, menggapa? Karena computer pada dasarnya mempunyai bahasa tersendiri , yaitu bahasa mesin yang berbasis biner (0,1). Bahasa mesin digunakan oleh para perancang dan pembuat computer, berhubung semakin banyak orang yang menggunakan komkputer, maka dibuat suatu program /software yang pada hakekatnya adalah penterjemah ke dalam bahasa mesin. Dilihat dari generasi bahasa pemrograman, sampai saat ini sudah generasi ke-4, dimana manusia untuk berkomunikasi dengan computer menggunakan bahasa manusia yang sudah deprogram/di rancang agar computer bisa mengerti.

Saat ini banyak kasus yang terjadi dengan computer, yang paling umum adalah terserangnya computer oleh virus. Untuk orang awam, virus merupakan barang asing yang tidak dikenal, ada yang menduga virus tersebut sama dengan virus yang menyerang makhluk hidup, sehingga bisa menular ke manusia. Mungkin ada paranoid yang takut memegang disket atau flasdisk kaena takut tertular virus.

Virus merupakan suatu bahasa computer yang ditulis oleh programmer untuk tujuan tertentu. Mengapa virus kadang tidak terlihat atau terdeteksi oleh user? Karena sebagaian besara virus ditulis menggunakan bahasa tingkat rendah (bahasa mesin), atau dengan kata lain virus menyebar lewat lapisan bawah (under ground)

Kapan virus menyebar/menular? Ada beberapa syarat virus bisa menular, syarat mendasar adalah computer menyala atau sedang proses artinya ada aliran listrik. Kalau listrik mati? Otomatis virus akan tidur selama computer tidak nyala. Syarat kedua adalah sesuai dari tugas virus tersebut, bisa pada saat drive yang ada virusnya aktif, proses pencopian atau pada saat waktu-waktu tertentu. Seperti bom waktu Virus bisa deprogram bekerja berdasarkan waktu.

Virus dapat bekerja jika media yang ditempati sesuai, dalam hal ini adalah software computer. Jika virus hanya bisa bekerja pada computer yang berbasis windows, maka computer yang berbassis linuk tidak dapat dimasuki virus. Begitu juga sebalikknya, karena untuk membuat virus dibutuhkan software.

Apakah virus computer dapat menyerang manusia? Itu pertanyaan wajar sekaligus konyol. Virus computer kalau dilihat menggunakan software tertentu, hanyalah sebuah baris program /perintah, atau bisa dikatakan tulisan biasa. Mengapa bisa hidup? Karena program tersebut berisi instruksi untuk computer untuk melakukan pekerjaan tertentu. Artinya virus computer tidak berlaku untuk manusia ….(besambung)

Bagaimana supaya computer tidak terserang virus? Cara yang aman adalah computer tidak dinyalakan, tidak terhubung jaringan, tidak dimasuki flasdisk, disket, cd. Tapi hal tersebut sama artinya computer tidak digunakan. Kita tidak dapat menghindar dari virus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: