Tips Akses Internet Dengan Aman di Warnet

19 Mar

Warnet merupakan sarana mudah dan relatif murah dalam mengakses informasi di internet. Dengan banyaknya jumlah warnet saat ini maka terjadi persaingan harga dan kualitas akses antar warnet sehingga para pengguna dapat memilih warnet yang menurut mereka sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangannya.

Dibalik kemudahan dan murahnya biaya akses internet di warnet seringkali kita lupa pada faktor sekuriti atau keamanan dalam melakukan akses internet di warnet. Hal ini mengingat bahwa warnet adalah tempat umum dan bisa digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Seringkali kita mendengar banyak kasus misalnya password e-mail yang tiba-tiba berubah sendiri, data e-mail pada Yahoo! Mail Anda hilang, account FTP Anda hilang, disket yang Anda masukkan ke dalam PC warnet tiba-tiba terdapat virus dan lain sebagainya. Setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata semuanya akibat kecerobohan atau kelalaian Anda ketika melakukan akses internet melalui warnet. Untuk itu mari kita perhatikan beberapa tips keamanan dalam ber-internet di warnet.

Menurut pengamatan, seringkali aktivitas yang dilakukan pengunjung warnet adalah melakukan checking e-mail misalnya pada Yahoo Mail, Hotmail dan lain-lain. Seringkali pengguna web mail lupa dalam melaksanakan prosedur log-out ketika selesai menggunakan web mail. Hal ni sama saja seperti di ATM ketika Anda meninggalkan begitu saja ATM Anda di dalam mesinnya. Untuk itu jangan pernah lupa melakukan log-out pada account web mail Anda. Efek yang bisa terjadi jika Anda lupa adalah diubahnya password Anda oleh orang lain yang iseng, dibacanya e-mail pribadi Anda atau bahkan yang lebih berbahaya adalah adanya pengguna jahil akan mengirimkan e-mail kepada orang yang Anda kenal dengan isi yang tidak Anda inginkan.

Aktivitas lain yang sering dilakukan di warnet adalah chatting. Banyak kasus yang terjadi adalah Anda lupa melakukan disconnect atau log-out setelah selesai menggunakan program-program chatting seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, ICQ dan lain sebagainya. Efek dari kelalaian ini maka orang lain bisa melihat profile atau bahkan mengubahnya. Selain itu orang tersebut bisa melakukan kontak dengan teman-teman dalam contact list Anda dengan pesan-pesan yang tidak Anda inginkan. Untuk itu selalu ingatlah untuk melakukan disconnect atau sign-out dari program-program chatting tersebut jika Anda sudah selesai menggunakannya.

Penulis sangat tidak menganjurkan Anda melakukan aktivitas internet banking (misalnya Klik BCA, BII Internet Banking dan lain-lain) dari warnet karena resikonya sangat tinggi. Ingat bahwa warnet adalah tempat umum dan ada banyak sekali kemungkinan kejahatan. Ambil contoh misalnya setiap PC warnet bisa jadi telah dipasangi program key logger (oleh orang yang tidak bertanggung jawab) yang bisa menyadap semua ketikan Anda pada keyboard. Selain itu ada juga kemungkinan data sniffing, dimana orang pada komputer lain dalam warnet yang Anda pakai sedang melihat semua traffic data yang berasal dari komputer Anda. Untuk itu penulis sangat tidak menganjurkan Anda melakukan aktivitas internet banking melalui warnet.

Akses internet menggunakan web browser juga banyak sekali dilakukan oleh pengguna internet. Penulis hanya menyarankan agar Anda berhati-hati jika melakukan transaksi e-commerce melalui warnet apalagi jika ada data-data kartu kredit Anda. Kemungkinan-kemungkinan negatif seperti yang sudah dijelaskan di atas selalu ada. Jangan pernah mencoba berbelanja pada situs-situs yang tidak memiliki kredibilitas atau belum pernah Anda kenal sebelumnya.

Waspada terhadap kemungkinan virus yang menyerang ke dalam disket atau flashdisk Anda (jika Anda memasukkan disket/flashdisk ke dalam drive PC warnet). Biarpun di PC tersebut terdapat anti virus tetap saja ada kemungkinan virus, lebih-lebih lagi jika ternyata virus definition pada anti virus tersebut tidak pernah di update menjadi yang terbaru. Solusinya adalah mintalah petugas warnet untuk memastikan bahwa data yang Anda transfer ke dalam disket Anda aman dari virus.

Jangan pernah meninggalkan dokumen-dokumen penting Anda dalam hardisk warnet. Jangan pernah mau menerima file executable (.exe) dari teman chatting Anda atau sembarangan meng-klik program-program pada PC warnet. Ini untuk meminimalkan kemungkinan Anda terserang trojan dan virus. Trojan adalah suatu program kecil yang apabila berjalan pada PC akan memiliki beberapa fungsi jahat diantaranya memonitor ketikan Anda pada keyboard dan dikirimkan ke suatu alamat e-mail yang tentu saja semua aktivitas ini tanpa sepengetahuan Anda.

Demikian beberapa tips sederhana agar Anda bisa melakukan akses internet dengan lebih aman lagi di warnet. Sebenarnya masih banyak lagi celah-celah keamanan lainnya yang terkadang memanfaatkan ketidaktahuan kita terhadap komputer. Saran penulis adalah selalu ikuti perkembangan seputar keamanan di internet terutama cara-cara berinternet yang aman pada tempat publik seperti warnet(dikutip dari beberapa sumber).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: