PARIWISATA PURWOREJO

19 Mar

Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Definisi yang lebih lengkap, turisme adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi; jasa keramahantempat tinggal, makanan, minuman, dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan, dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan, dan pengalaman baru dan berbeda lainnya.

Tidak sedikit daerah yang bergantung dari industri pariwisatai sebagai sumber pendapatan daerah. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh pemerintah untuk mempromosikan daerahnya sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal

Purworejo sebagai daerah kabupaten yang berbatasan dengan magelang dan jogyakarta yang notebenenya merupakan daerah wisata yang sudah terkenal baik domistik maupun mancanegara, langsung maupun tidak langsung terkena imbas dari pariwisata kedua daerah tersebut. Seperti kita ketahui bahwa Magelang memilki Candi Borobudur dan Taman Kyai Langgeng, sedangkan Yogyakarta banyak tempat pariwisata yaitu Keraton Ngayojokarto, Kebun binatang gembiraloka, Malioboro, Pantai Parangtritis.

Selama ini wisatawan dari arah barat yang menuju magelang dan yogkarta akan melewati purworejo, hal ini di mungkinkan karena Purworejo berada di jalur utama lintas selatan Pulau Jawa, kabupaten purworejo merupakan persimpangan jalan menuju arah kedua kota tersebut.

Dari kenyataan tersebut, dapat dilihat bahwa purworejo dapat berperan sebagai tempat transit. Ada dua tempat yang cukup representatif untuk transit wisatawan yang akan dan dari magelang atau Yogyakarta. Pertama kota kutoarjo, kutoarjo merupakan kota kecamatan yang terletak disebelah barat kota purworejo, kutoarjo tepat dilintasi jalur selatan. Di kutoarjo terdapat Masjid Agung yang didepannya terdapat alun-alun / tanah lapangan yang dikelilingi oleh warung-warung tenda yang mulai buka jam 17 s/d 05.00. daerah tersebut mempunyai tempat parkir yang luas. Cocok untuk wisatawan yang menggunakan bus. Kedua adalah kota purworejo, di kota tersebut juga terdapat masjid agung dan didepannya alun-laun, bedanya di masjid agung purworejo terdapat Bedug dengan nama bedug Pendowo yang terbesar di dunia dengan panjang….. (Bersambung)

Satu Tanggapan to “PARIWISATA PURWOREJO”

  1. tuti Maret 11, 2010 pada 8:18 am #

    purworejo juga kalah menarik di banding kota2 laen.ni w kasih tau tmpt wisata yang asik.pantai jati malang,,P.ketawang,,P.keburuan,,,geger menjangan,,,selis,,pokoknya msih banyak yang laennya deh…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: