BAGAIMANA KOMPUTER BERKOMUNIKASI DENGAN USER/PENGGUNA

30 Mar

Tulisan ini bisa di baca di INSPIRASI

Komputer yang kita gunakan setiap hari bekerja sesuai dengan keinginan kita, setiap pekerjaan membutuhkan software tertentu untuk bisa bekerja, misalkan untuk menulis surat menggunakan m.word, memutar lagu menggunakan winamp, mengakses internet menggunakan mozila atau IE  dan masih banyak lainnya. Mengapa komputer bisa kita gunakan atau dengan kata lain mengapa kita bisa berkomunikasi dengan komputer?

Secara umum komputer terdiri dari dua bagian, yaitu :

  1. Hardware

            Yaitu peralatan komputer yang biasa di kenal dengan perangkat keras, karena perangkat ini secara fisik terlihat dan bisa di pegang. Misalnya monitor, CPU, printer,   Hardisk, Prosessor, RAM dll.

  1. Software

Yaitu peralatan komputer yang secara fisik terlihat namun tidak bisa di pegang. Software terdiri dari Software Sistem Operasi, Pemrograman, Game, Tool, Antivirus, aplikasi dll. Sofware merupakan baris perintah yang disusun menjadi sebuah program yang menjembatani antara user dengan komputer.

Hardware dan Software merupakan dua bagian yang tidak bisa di pisahkan, karena hardware tanpa sofware menjadikan komputer mati  tidak bisa di gunakan. Sebaliknya sofware tanpa hardware hanyalah berupa tulisan/script perintah yang tidak dapat digunakan.

Software berkedudukan sebagai penterjemah bahasa manusia ke bahasa mesin komputer. Proses ini  cukup panjang karena untuk menterjemahkan bahasa manusia ke bahasa komputer membutuhkan beberapa tingkat bahasa, karena jika hanya satu bahasa yang digunakan untuk menterjemahkan, maka menjadikan komputer  sangat sulit digunakan.

Ada beberapa tingkat  bahasa pmrograman, yaitu bahasa yang menterjemahakan bahasa menusia ke bahasa komputer, yaitu:

  1. Bahasa tingkat rendah

Bahasa ini masih menggunakan bahasa mesin, yaitu berupa bilangan biner  0 dan 1, misalkan

01101001110001101

10001101010110001

Selanjutnya di atas bahasa biner ada bahasa Asembly, misalkan

Mov  DX ,4Dh

Jum AX, FFh

Bahasa tingkat rendah masih menggunakan kosakata yang lebih dekat ke bahasa mesin komputer, sehingga sangat sulit di pahami.

  1. Bahasa tingkat tinggi

Bahasa ini sudah banyak menggunakan bahasa manusia, meskipun tulisan/script nya masih ditulis, namun ada juga bahasa sudah user interface.  Bahasa tingkat tinggi misalkan PASCAL, Bahasa C, C++, Borland Delphi, Basic, Foxpro, ASP, PHP dll

Software apa yang di gunakan oleh kebayakan user?  Software Pemrograman hanya di gunakan oleh pemrogram/programer, sedangkan user pengguna umum biasanya menggunakan software aplikasi, misalkan word,excel, powerpoint, photoshop,corel, autocad, winamp dll.

Software aplikasi adalah software yang di buat oleh programer menggunakan bahasa program, misalkan C++ dengan tujuan untuk memudahkan user dalam berinteraksi dengan komputer, adapun software aplikasi  di buat sesuai dengan kebutuhan user, apakah untuk menulis, menggambar, mengolah film atau foto dll. Software aplikasi di buat semudah mungkin untuk di gunakan oleh user, misalkan untuk menyimpan data cukup dengan menekan icon disket, dll.

Dari penjelasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa user /pengguna berkomunikasi dengan komputer menggunakan software aplikasi, dimana software tersebut di buat oleh programer  menggunakan bahasa pemrograman. Sehingga user berkomunikasi secara tidak langsung  dengan komputer melalui beberapa tingkat software.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: