Apa Resep Jitu Lolos CPNS ?

12 Okt

Setiap  ada pengumuman pendaftaran CPNS, dipastikan berbondong-bondong orang mendaftar untuk ‘mengadu nasib’  menjadi PNS. Memang tidak di pungkiri bahwa PNS merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan (bagai sebagian orang ), namun gajinya pas-pasan.  Meskipun sebenarnya masih banyak pekerjaan lain yang lebih bagus dan lebih menjanjikan, tapi semua kembali ke pribadi person nya.

Biasanya formasi yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah pelamar yang masuk, sehingga dapat dipastikan banyak pelamar yang tidak diterima/lolos. Hal tersebut  terjadi baik di pemerintahan pusat, propinsi maupun pemerintah kabupaten/kota. Meskipun kadang ada formasi yang tidak ada pelamarnya karena formasi yang sangat spesifik dan SDM-nya sedikit/langka.

Gagal di terima menjadi CPNS menjadi hal yang biasa bagi kebanyakan orang yang sudah pernah mendaftar, bahkan banyak diantara orang yang diterima menjadi CPNS sebelumnya sudah pernah mengalami kegagalan masuk menjadi CPNS. Meskipun ada orang yang sekali mendaftar langsung diterima.

Mengapa seseorang gagal lolos ujian CPNS..?, banyak jawaban yang muncul diantaranya : belum rejekinya, belum takdirnya, belum beruntung, wong pinter kalah karo wong bejo, dll. Sulitnya menembus CPNS di manfaatkan oleh oknum untuk mengambil keuntungan, disisi lain pelamar CPNS ada yang mencari jalan pintas agar di terima sebagai CPNS sehingga muncul kasus penipuan penerimaan CPNS.

Banyak cara yang ditempuh agar lolos menjadi CPNS, mulai dari mempelajari latihan soal masuk CPNS, mengikuti try out CPNS, pergi ke orang pintar dsb. Namun semua itu tidak menjamin dapat lolos CPNS, lalu bagaimana agar bisa berhasil ? Jawabnya adalah dengan menjawab  soal dengan baik dan benar. Nah disini semua orang pasti sudah tahu, masalahnya adalah bagaimana agar dapat menjawab soal dengan baik dan benar….?. Pertama kita harus tahu Instansi mana yang membuka  CPNS, apakah Departemen, Pemerintah Propinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, dll. Kedua, model perekrutannya apakah mandiri atau  terpusat. Semua itu mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Sebagai contoh soal ujian untuk CPNS Pemerintah daerah yang dilaksanakan secara mandiri dengan soal ujian CPNS Pemerintah Daerah yang dilaksanakan terpusat, bisa berbeda. Dengan mengetahui  jenis Instansi yang merekrut CPNS, maka dapat mengantisipasinya dalam mempersiapkan Soal Ujian/ Tes CPNS, dengan cara mempelajari latihan soal yang sesuai. Sehingga jangan sampai mempelajari soal CPNS Departemen tertentu, tapi tesnya CPNS Pemerintah Daerah/Kota.

Jika dalam satu kesempatan dapat mengikuti tes CPNS lebih dari satu kali untuk instansi/daerah yang berbeda (karena harinya berbeda), maka sebaiknya memilih tes CPNS yang sejalur. Misalkan tes CPNS Pemda DIY dengan tes CPNS Pemda / Kota di Jateng. Karena di mungkinkan soalnya tidak jauh berbeda, sehingga tidak banyak mengalami kesulitan dalam menjawabnya. Tapi  bagaimana jika diterima keduanya, padahal biasanya jika mengundurkan diri kena denda? Tinggal pilih kena denda atau tidak lolos CPNS sama sekali….

Hal lain yang sangat penting adalah Doa, doa yang bagaimana?…banyak buku-buku tentang doa yang tersedia di toko/shopping, Selain itu memperbanyak amalan agar  lebih  mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan yang pasti  doa dan amalan dapat memberikan ketenangan dan kesabaran.

Hari H test adalah hari yang sangat menentukan, persiapkan  segalanya dengan cermat dan teliti agar dapat mengikuti ujian dengan baik, misalkan syarat untuk ujian harus di bawa, peralatan ujian harus lengkap dan jangan sampai terlambat sampai di tempat ujian. Menurut kisah pengalaman dari orang yang lolos CPNS yaitu  sebelum dan saat test berlangsung bersikap tenang dapat mengerjakan dengan baik, feeling,  enjoy dan segalamya mengalir seperti air mengalir, tidak gugup dan khawatir.   Hal itu semua tentunya  dapat terjadi jika sudah mempersiapkannya dengan matang serta di iringi doa, ibadah tambahan dan amalan-amalan.

Selamat berkompetisi di  penerimaan CPNS 2010 !!!.

Persiapan dan Strategi Tes CPNS

About these ads

Satu Tanggapan to “Apa Resep Jitu Lolos CPNS ?”

  1. supriadi Mei 1, 2013 at 5:42 pm #

    amalan solawat syeh abdul qodir jaelani jg bgs tuk cpns

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: