Pantai Jatimalang, Purworejo : Trayek Angkutan Baru dan Potensi Kawasan Selatan yang masih Terpendam

14 Jun

Pantai Jatimalang merupakan kawasan pariwisata yang berada di desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi, kurang lebih 1 km kearah selatan dari Jalan Daendel. Jarak tempuh menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota Purworejo sekitar 20 menit. Ada beberapa jalan yang bisa di tempuh untuk mencapai kawasan Pantai Jatimalang, jika dari arah Jogja lebih cepat lewat jalur selatan / Jl Daendes, yaitu melewati pantai Glagah dan Congot terus ke arah barat. Jika dari Kutoarjo lebih cepat lewat Grabag dan belok ke timur melewati jalan Daendel, di Pinggir jalan Daendel terpasang papan nama Pantai Jatimalang.

Selama ini untuk mencapai Pantai Jatimalang menggunakan kendaraan bermotor, baik sepeda Motor atau Mobil, segala macam mobil bisa melewati jalan tersebut karena jalannya sudah beraspal halus dan rata, Bahkan mobil dan Motor bisa mencapai bibir pantai karena memang sudah di Paving. Pengunjung Pantai Jatimalang biasanya terbatas pada orang-orang yang mengendarai kendaraan pribadi atau carteran, namun sejak seminggu yang lalu (Awal Juni 09) sudah ada mobil Angkot yang melayani trayek Jatimalang-Purworejo. Menurut Salah satu warga Jatimalang, jumlah mobil angkutannya sekitar sembilan buah.

Keberadaan trayek baru diharapkan dapat menambah keramaian Pantai Jatimalang. Berdasarkan pengamatan penulis, Mobil Angkot masuk Pintu Gerbang Pantai Jatimalang dan berhenti sekitar 300 meter dari bibir pantai. Mungkin jika membawa wisatawan yang berkunjung ke Pantai, Mobil Angkot tersebut sampai di bibir Pantai. Menurut penuturan warga tarip Angkutan Jatimalang-Purworejo Rp 6.000,-.

Pantai Jatimalang merupakan kawasan wisata pantai yang masih asli dan alami, di kawasan pantai tersebut terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan), Perahu Nelayan, Warung makan, Bungalow, Menara pandang, menara BTS salah satu Operator Selular, dll. Selain itu terdapat fasilitas parkir untuk mobil dan sepeda motor. Dengan kondisi jalan dan Tempat parkir menggunakan Paving Blok memudahkan para pengguna kendaraan bermotor.

Kawasan pantai terhampar luas memanjang dari barat ke timur, dengan Gelombang ombaknya yang cukup tinggi 1-3 meter sehingga menghasilkan suara gemuruh dan deburan yang ombak yang menghantam pantai, sunguh indah di pandang. Sabtu 13 Juni penulis menyaksikan para nelayan yang berangkat mencari ikan ke tengah laut. Satu hal yang menarik adalah bagaimana nelayan menggunakan perahu jukung berjuang melawan ombak untuk mencapai ke tengah lautan, karena harus pandai dan lihai dalam membaca arah ombak serta menerobos celah ombak agar bisa melewati gulungan ombak yang datang bergulung-gulung.

Pantai jatimalang sebagai kawasan pariwisata pantai menyimpan potensi besar, ada beberapa olahraga yang bisa di kembangkan di kawasan tersebut, misalkan memancing, Layang-layang, Selancar, paralayang dll. Selama ini pemanfaatan hanya sebatas untuk mencari Ikan, rekreasi pantai dan memancing. Sebagai kawasan pantai selatan yang berlanjut dengan Samudera Indonesia dan Samudera Hindia, maka pantai Jatimalang menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. Hal tersebut seakan menjawab tantangan dimana kondisi perikanan di pantai utara jawa yang sudah mengalami kejenuhan karena semakin berkurangnya sumber ikan.

Keberadaan trayek angkutan baru Jatimalang-Purworejo diharapkan sebagai Pilot Project untuk pengembangan daerah Purworejo bagian selatan, karena Kabupaten Purworejo memiliki tiga kecamatan yang memiliki pantai. Selama ini ada beberapa daerah pantai yang di gunakan untuk pangkalan nelayan, yaitu pantai Keburuhan di Ngombol, pantai Jatimalang dan Jatikontal di Kecamatan Purwodadi.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: