Kutoarjo, Purworejo : Fenomena Perubahan Zaman Menuju ke Arah yang (diharapkan Maju dan Sejahtera) (Bag.1)

14 Mei

peta_purworejoPerjalanan waktu merupakan langkah detik demi detik menjadi menit jam dan hari dilanjutkan minggu bulan serta tahun dan seterusnya. Waktu merupakan rangkaian perjalanan yang dinamis dan tidak dapat di tahan meskipun satu detikpun. Seiring perjalanan waktu maka perubahan demi perubahan di alami di muka bumi, satu hal yang menjadi bencana adalah ketika perubahan yang terjadi dari baik menjadi buruk dan sebaliknya berkah jika perubahan dari buruk menjadi baik.

Perubahan suatu daerah pasti terjadi namun yang membedakan adalah seberapa cepat perubahan itu terjadi, sebagai salah satu daerah barometer di Indonesia JABODETABEK sangat cepat perubahannya, selain itu kota-kota besar di Indonesia juga mengalami perubahan yang cepat.

Purworejo sebagai daerah kabupaten di Jawa Tengah bagian selatan (Kedu Selatan) juga mengalami perubahan yang cukup cepat, meskipun Purworejo di kenal sebagai daerah yang Adem, Ayem Tentrem namun lambat laun semakin ramai seiring perubahan-perubahan yang terjadi di berbagai bidang.

Adapun sebagian perubahan-perubahan yang terjadi :

1. Pendidikan

Pendidikan pra SD sudah mulai banyak berdiri hampir di setiap desa, misalkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK, selain itu sudah mulai ada beberapa PlayGroup khususnya di kota kecamatan dan kabupaten.

Untuk SD justru ada yang berkurang gedungnya, mungkin keberhasilian program KB , contohnya di desa penulis sebelumnya terdapat dua SDN tapi sekarang digabung.

Pendidikan setingkat SLTP mengalami perubahan di namanya, sekarang namanya adalah SMP (Sekolah Menengah Pertama). Untuk SMP Negeri di Purworejo di mulai dari SMPN 1 sampai SMPN 40 ( kalau tidak salah sampai 40-an karena penulis tidak hafal), misalkan SMPN 1 Kutoarjo sekarang berubah nama menjadi SMPN 3 Purworejo, untuk SMP swasta namanya menyesuaikan.

Terdapat 11 SMA negeri di Purworejo di mulai dari SMAN 1 s-d SMAN 11 , SMA N 1 terdapat di Purworejo, SMAN2 di Kutoarjo, SMAN 3 di Jl Jogja desa Keduren Purwodadi, SMAN 4 di Kemiri, SMAN 5 di Loano, SMAN 6 di Banyuurip (dulu SGO), SMAN 7 di Purworejo (dulu SPG), SMAN 8 di Grabag, SMAN 9 di desa Geparang Purwodadi (dekat pantai Jatimalang, SMA 10 di desa Kalikotes Pituruh dan SMA N11 baru berdiri tahun 2005 Butuh. Untuk SMA swasta namanya menyesuaikan dan tidak banyak mengalami perubahan

Untuk nama STM dan SMEA sekarang berubah menjadi SMK, SMKN 1 di Purworejo (dulu STMN), SMKN2 di desa Semawung Kutoarjo (dulu SMEA N) SMKN3 di Purworejo (dulu SMKKN) SMKN4 di Ngombol (Pelayaran) SMKN 5 di daerah Bagelen (kalau tidak salah), SMK N6 di desa Wareng Kutoarjo dan lainnya ada tapi penulis lupa. Untuk SMK Swasta namanya menyesuaikan dan justru mengalami peningkatan yang cukup pesat baik dari jumlah murid maupun gedungnya misalkan SMK ii Kutoarjo, SMK Sawunggalih Kutoarjo dan ada SMK baru tapi cukup maju yaitu SMKNS (Nurus Salaf) Kemiri . Untuk MAN Purworejo masih tetap.

Hal yang menarik untuk pendidikan Setingkat SLTA adalah sepinya / menurunnya jumlah siswa di SMA swasta dan meningkat/membludaknya jumlah siswa di SMK sehingga muncul SMK baru dan ada ada SMA yang mau tutup.

Hal yang menarik adalah dengan adanya perguruan tinggi di Kab. Purworejo dapat mempermudah bagi siswa Purworejo yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi sehingga dapat memperkecil biaya dan ini terbukti, namun meskipun demikian fonemena sekarang adalah ternyata cukup banyak siswa luar daerah yang kuliah di Purworejo misalkan dari Kebumen, Wonosobo, Magelang, Temanggung, Cilacap, Purwokerto serta luar Pulau.

Biasanya siswa tersebut mempunyai Famili di Purworejo (orang tuanya merantau) dan mereka dapat belajar di Purworejo dengan aman karena ada yang memantau, apalagi sekarang kuliah di Jogja maupun kota besar biaya mahal dan resiko pergaulan yang kurang baik (jika salah bergaul).

Fakultas atau Prodi yang ada di Purworejo selain Keguruan, ekonomi, Perawat dan yang menarik dan sekarang banyak di butuhkan adalah Komputer yaitu Teknik Informatika (D3) dan Teknik Komputer(D1) yaitu di POLSA Kutoarjo.

2. Transportasi

Fenomena yang penulis alami yaitu agak sulit menyebarang jalan raya di Kutoarjo maupun Purworejo karena banyaknya kendaraan yang lewat, selain itu ramainya jalan Kutoarjo-Kemiri padahal baru pukul 5 pagi, karena penulis pernah terserempet motor ketika pagi-pagi jogging di jalan tersebut, padahal sudah di pinggir jalan paling pinggir.

Hal diatas mengindikasikan bahwa semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Meskipun belum terjadi kemacetan namun di perlukan sikap yang lebih berhati-hati ketika berkendaraan di jalan karena arus lalu lintas yang padat. Meskipun demikian jalan-jalan semakin di perlebar, misalkan jalan Kutoarjo menuju arah kemiri (belum semua) dan sekarang yang mulai di kerjakan adalah jalan Purworejo –Kutoarjo yang nantinya bertambah lebar beberapa meter. Untuk jalur selatan (Jl. Daendels) mulai dari perbatasan Kulonprogo dan sekarang sampai Ngombol sudah di buat dua jalur.

Hal yang menarik adalah semakin banyaknya mobil-mobil bagus yang berplat hitam nomor Purworejo (AA …C, AA…..AL, AA……CL), misalkan BMW, INOVA dll. Dan hampir setiap hari ‘berseliweran’ lewat jalan-jalan. Jika dulu ketika penulis masih SMP dan SMA banyak anak sekolah naik sepeda onthel sehingga setiap pagi dan siang menjelang sore ramai oleh anak sekolah bersepeda, namun sekarang jarang yang naik sepeda, lebih suka naik motor atau Angkot.

Fenomena yang menarik adalah anak sekolah SMA dan SMP yang naik sepeda tapi tidak sampai sekolah dan memilih sepedanya di titipkan di penitipan sepeda padahal jaraknya dengan sekolah hanya beberapa puluh meter. Mereka lalu jalan kaki menuju ke sekolah padahal di sekolah sudah ada tempat parkir untuk sepeda siswa.

Selain itu ada siswa yang berangkat ke sekolah naik motor kadang berangkatnya sengaja siang (nongkrong dulu) sehingga ketika berangkat naik motor dengan kecepatan tinggi. Kalau penulis perhatikan di tempat parkir sekolah SMA dan SMK banyak sepeda motor milik siswa yang parkir, sepeda onthel…..bisa dihitung dengan jari. (Bersambung)

Menyusul

  1. Perekonomian
  2. Pariwisata
  3. Kesenian
  4. Pertanian

10 Tanggapan to “Kutoarjo, Purworejo : Fenomena Perubahan Zaman Menuju ke Arah yang (diharapkan Maju dan Sejahtera) (Bag.1)”

  1. slamet priyadi September 2, 2009 pada 2:57 am #

    Mas sedekar tambahan untuk melengkapi ilmu pengetahuan dan pengalaman aja, mungkin perlu di informasikan tentang daerah wisata yang ada di daerah Purworejo seperti Pantai Ketawang, Goa Petrok, Beduk terbesar, Kawedanan dlll saya tidak hafal semuanya, yang jelas positif

    demikian terima kasih alias matur nuwun

    sakin kulo tiang mbandung selis kutoarjo

    • edy widodo Juni 14, 2012 pada 12:59 am #

      mas slamet,kulo edy widodo lare wirotaman,kenal mboten

  2. triyono Januari 1, 2010 pada 1:36 am #

    aku sing nang Bandung Jawa Barat perlu uga perkembangan lan kemajuan Kutoarjo matur nuwun saking Triyono

  3. Jemi Jeha Jemi November 26, 2010 pada 4:04 am #

    Kutoarjo saiki, dudu Kutoarjo tempo dulu. Kutoarjo era tahun 70 an Kutoarjo sing katon adem, ayem, tentrem. Kegiatan rutin ibu-ibu lan bapak-pakak pendak esok dan sore menyang sawah lan ladang, rombongan bocah sekolah numpak sepeda dan delman. 40 tahun wis berlalu sing ono hiruk pikuk kegiatan poro kawulo enom sing melu-melu budaya asing sing ora ono juntrungane, katon wong lanang rambute gondrong nganggo anting lan kalung, wong wadon dandanane koyo wong lanang opo iki artine ononing perobahan jaman (masya Allah). Harapan saya sebagai anak desa yang sedang merantau mudah-mudahan masih ada orang yang mau peduli, terhadap lingkungan terutama, peduli dengan pemuda dan akhlaq. Insya Allah suatu saat masih diberi umur panjang saya pulang kampung bisa membangun daerah khususnya generasi penerus sebagai anak bangsa dari ilmu dan pengalaman yang saya dapat dari kota dan negara lain. Amiin

  4. ngangkasi November 29, 2010 pada 3:45 am #

    Terimakasih tentang pandangan/pendapat tentang Kutoarjo di masa sekarang

  5. anwar November 4, 2011 pada 8:43 am #

    kenapa ya, di purworejo belum ada Mall ? padahal saya ingin sekali melihat ada Mall di Purworejo. biar kota purworejo makin ramai dan banyak yang berkunjung ….

    • ngangkasi November 4, 2011 pada 10:08 pm #

      Ada desakan agar di Purworejo tidak ada Mall. sehingga sampai sekarang belum ada Mall. Tentunya ada Plus minusnya jika di Purworejo ada Mall.

  6. ga'us November 22, 2011 pada 9:33 am #

    tahun 70-an kami ke kutoarjo bersama ortu. motor masih jarang, apalagi mobil yang sliweran. naik andong, kadang jalannya ga, rata, sampe kepala kejedug tiang delman. Serunya waktu itu. Pacor masih sawaaaaah semua. Terus liwat jembatan Tunggorono

  7. jemi Maret 15, 2012 pada 1:07 am #

    Pulang kampung beberapa waktu lalu pada hari libur nasional, aku pikir lancar lebih macet melebih jakarta. Apakah Kutoarjo sekerang begitu ….. ?. Kemudian kami menyempatkan makan diwarung nasi (katakan ABC) mengenang sekitar 30 tahun yang lalu ketika sering diajak nenek makan, namun apa yang terjadi sepulang dr tempat tersebut berpapasan segerombolan anak muda yang sedang mabuk dan menyeramkan serta meminta uang .. apakah Kutoarjo sudah separah itu.
    Dan kami sempat juga mencari pak Slamet si masinis tertuduh kasus kereta api bintaro kami juga tidak menemukan apakah yang bersangkutan masih ada dan hidup atau …. mohon informasi dong.

  8. agus adrianto September 13, 2013 pada 1:36 pm #

    saya pernah tinggal di kemiri.tamat smp 5 tahun 1986.lanjut di surabaya.sekarang sya berada di kota makassar.saya rindu akan kota ini entah kapan saya bisa ke sana.yang jelas raasa itu masih ada.cuma kesempatan yang belum ada.kalau ada teman2 yang mengenal saya.silahkan kontak ke 08124110733.agus adrianto,cah kemiri kidul.salam dari kota angin mamiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: