KA PRAMEK SOLO – YOGYA- KUTOARJO – (KEBUMEN ?)

15 Apr

pramekSudah dua tahun lebih KA Prambanan Ekspres (Pramek) beroperasi sampai Kutoarjo, bermula dari jalur Yogya – Kutoarjo, dan sekarang di perluas Solo-Yogya-Kutoarjo. Dari stasiun Kutoarjo KA pramek melayani empat kali kedatangan dan empat kali pemberangkatan dengan jam yang sudah di tentukan, maka KA pramek sudah menjadi bagian dari angkutan transportasi darat yang menjadi favorit warga Purworejo.

Indikasi KA pramek menjadi angkutan yang diminati warga Purworejo terlihat sejak awal dioperasikannya KA tersebut, dimana berduyun-duyun warga purworejo mencoba untuk menggunakan KA Prameks, dengan berbagai masukan dari warga maka KA prameks berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di sta. Jenar, Purwodadi (Purworejo Bagian Timur). Sejak itu KA prameks semakin ramai di gunakan warga untuk bepergian ke Jogja dan Solo.

Faktor-faktor yang membuat KA pramek semakin popular untuk warga Purworejo adalah

1. Waktu Tempuh lebih cepat

Dengan waktu tempuh 60 menit dari kutoarjo ke Yogya dan 120 menit sampai Solo , maka saat ini merupakan waktu yang paling cepat untuk menempuh perjalanan ke kota tersebut, Jika naik bus jarak Kutoarjo-Jogja bisa 120 menit, Jika naik motor atau mobil rata-rata 90 menit. Kalau sampai Solo bisa 3 s/d 3,5 Jam. Sungguh perbedaan waktu yang cukup menyolok

2. Biaya lebih murah

Harga tiket Kutoarjo-Jogja Rp 7,000. Kutoarjo – Solo Rp 14.000. Cukup jauh jika dibandingkan dengan naik Bus, yaitu Kutoarjo – Jogja Rp 10.000. Jika naik mobil atau motor bisa lebih mahal di ongkos

3. Jadual keberangkatan dan kepulangan tepat waktu

Selama ini jadual keberangkatan dari sta Kutoarjo tepat waktu, yaitu 05.50, 08.50, 15.50 dan 17.50 sedangkan jadual kedatangan KA pramek 05.45, 08.00, 15.00 dan 17.00,

4. Keamanan dan kenyamanan penumpang

Selama perjalanan penumpang sangat merasakan keamanan dan kenyamanan karena tidak ada pengamen, pengasong, dan pengemis serta selama ini belum terdengar keluhan kecopetan atau jambret. Di samping itu yang paling dirasakan adalah rasa capek yang hampir tidak ada setelah menempuh perjalanan dibandingkan jika naik angkutan lain (bus,moto, mobil)

Selama ini berbagai kalangan yang menggunakan KA pramek, dari pekerja, pedagang, pelajar dan mahasiswa, artinya KA pramek tidak hanya di gunakan oleh orang yang hanya ingin berlibur ke Jogja dan Solo. Banyak terlihat jika pagi hari penumpang yang rata-rata adalah pekerja dan pelajar yang naik, serta pedagang yang sengaja kulakan ke Jogja dan Solo, Pada hari senin dan sabtu banyak mahasiswa yang pulang dan pergi ke Jogja dan Solo.

Masyarakat Kebumen mendambakan KA Pramek yang saat ini melayani jalur Solo – Yogyakarta – Kutoarjo juga sampai daerah Kebumen (SM 14- April). Dengan keistimewaan tersebut maka wajar jika KA pramek tidak hanya menjadi andalan warga purworejo, melainkan warga Kebumen karena selama ini banyak warga kebumen yang sudah menggunakan KA pramek. Tentunya mereka harus ‘nyambung’ karena untuk naik KA pramek harus ke Sta Kutarjo.

Tentunya minat warga kebumen sangat bagus karena itu menandakan respon masyarakat terhadap KA semakin baik, sehingga di tengah ancaman krisis, Pemerintah dapat menyediakan transportasi yang murah, aman, cepat dan nyaman. Meskipun untuk merealisasikan membutuhkan dana yang tidak sedikit karena harus membangun jaringan rel ganda sampai kebumen.bersambung (ngangkasi)

About these ads

6 Tanggapan to “KA PRAMEK SOLO – YOGYA- KUTOARJO – (KEBUMEN ?)”

  1. din April 15, 2009 at 11:03 am #

    Artinya kalau warga sekitar PWR/KTA Pulang /pergi melancong Naik Pesawat
    dari/ke Jogya/ Solo sdh Cukup Nyaman / Cepat ok…

  2. kris Maret 8, 2010 at 5:44 am #

    Trims, ya infonya, sangat-sangat bermanfaat,
    jadwal di atas apa ya sampai sekarang nggak berubah?
    jadwal dari yogya ke kutoarjo punya nggak?
    trima kasih sebelumnya

  3. alvin purworejo Oktober 17, 2010 at 1:59 am #

    wah harga tiket prameks naik terus,,,,,,,,,,,,,,untuk kalangan mahasiswa. terasa berat.awal – awal ada prameks sudah nyaman. tapi kereta prameks ada kenaikan bagi mahasiswa penguna,,,,,,terpaksa jg harus mengikuti harga sekarng.skr harga tiket purworejo solo Rp.9000 besok 2011 apa akan naik mejadi Rp. 12.000 ? makasih.

    • ngangkasi Oktober 17, 2010 at 10:19 am #

      setahu saya ada harga langganan perbulan, saya belum coba tapi teman saya yang tiap hari naik Pramek, menggunakan harga langganan perbulan

  4. Yenny She Gemini September 2, 2011 at 2:53 pm #

    cukup puas dng pelayanannya

  5. Yenny She Gemini September 2, 2011 at 2:57 pm #

    jadwal kbrangkatan dr kebumen-ke tanah abang tgl 3 sept 2011 msh ada ga?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: